Peristiwa Daerah

PCINU Tiongkok: Peran China untuk Indonesia Sangat Penting

Rabu, 17 Juli 2019 - 23:03 | 150.74k
Ketua PCINU Tiongkok, Nurwidiyanto. (FOTO: Edy Junaedi/TIMES Indonesia)
Ketua PCINU Tiongkok, Nurwidiyanto. (FOTO: Edy Junaedi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua PCINU Tiongkok, Nurwidiyanto mengatakan bahwa selama ini peran China bagi Indonesia sangat penting dan panjang sejarahnya.

Menurutnya, China jangan selalu dihakimi sebagai musuh Islam dan musuh Indonesia. Bahkan, malah sebaliknya harus dihormati sebagai negara yang selama ini bersusah payah membantu Indonesia.

Kata Nurwidiyanto, sejak zaman Majapahit peran China menjadi negara yang tercatat oleh sejarah bahwa satu-satunya negara yang membantu kemerdekaan Indonesia tabpa menjajah terlebih dulu sebelumnya.

"Tanpa China tidak ada Majapahit. Kesimpulan saya tanpa pasukan China tidak ada negara RI," ujar Nurwidianto dalam acara bedah buku "Islam Indonesia dan China, pergumulan santri Indonesia di Tiongkok" hasil karya PCINU Tiongkok di kantor pusat Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PB NU), Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).

Bagi Nurwidiyanto, peran China adalah salah satu tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia. "Secara detail, bahwa semua itu berawal sejak pasukan China bertemu seorang dai Cirebon namanya Raden Wijaya. Ringkas cerita, tanpa pasukan China tidak akan ada Majapahit," ujarnya.

Puncaknya, Majapahit adalah Hayam wuruk dengan patih Gajah Mada yang berambisi ingin menyatukan semua kepulauan dari Srilanka, Filipina Selatan, menjadi satu dengan Sumpah Palapa yaitu menyatukan Nusantara.

"Sumpah palapa itu yang menginspirasi manifesto politik kebangsaan tahun 28 yaitu Sumpah Pemuda, satu bangsa, satu nusa, satu bahasa. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa, tanpa China tidak ada Majapahit. Kesimpulan tanpa pasukan China tidak ada negara Republik Indonesia," tutup Ketua PCINU Tiongkok ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES