Pendidikan

APTIKOM Gelar Seminar Pendidikan Jarak Jauh di Yogyakarta

Rabu, 17 Juli 2019 - 18:44 | 117.51k
Suasana seminar dan workshop yang digelar oleh APTIKOM di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia
Suasana seminar dan workshop yang digelar oleh APTIKOM di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) menggelar seminar dan workshop di Hotel Grand Keisha, Yogyakarta, pada 16-18 Juli mendatang. Even tersebut membahas mengenai Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan Massive Open Online Course (MOOC) 2019.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara APTIKOM dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pesertanya adalah pimpinan dan perwakilan dari puluhan perguruan tinggi se-Indonesia.

Pada hari pertama, Tim Penyelenggara PJJ Amikom memaparkan tentang Regulasi, Implementasi, dan peluang dalam pengelolaan Program PJJ. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga, peserta akan mengikuti workshop Optimalisasi pembelajaran Online, baik dalam metode hybrid/blended learning.

Ketua Badan Otonom APTIKOM, Ahmad Tri Hanuranto menerangkan, PJJ ini sebagai langkah untuk berbagi keunggulan antara PT di seluruh Indonesia. Sehingga, dapat memperluas jangkauan. Sebab, tidak mungkin satu PT kapasitasnya mencapai ratusan ribu. Sehingga, solusinya dengan jalan kolaborasi antara PJJ dan MOOC tetapi kualitasnya tetap harus menjadi jaminan.

“Jadi kegiatan ini untuk mempersiapkan bagaimana menge-share dan kolaborasi. Jadi yang maju tidak hanya satu dua perguruan tinggi, namun diharapkan ini kerangkanya kebangsaan,” terang Hanuranto.

Menurutnya, anggota APTIKOM ada sebanyak 900 PT dengan 4.000 hingga 5.000 mahasiswa setiap kampus. Hanya, tidak gampang membalik sehingga inisiasi untuk memperbaiki kualitas dan kesenjangan pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 18 PT asal berbagai daerah di Indonesia menandatangani MoU terkait kerjasama pelaksanaan kegiatan PJJ dan MOOC APTIKOM.

Ke 18 Perguruan Tinggi tersebut adalah STMIK Dharma Negara, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, STIE Dharma Negara Bandung, STMIK Yadika Bangil, Universitas Potensi Utama, STKIP Persada Khatulistiwa, Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung.

Berikutnya, Universitas Darwan Ali, Universitas PGRI Madiun, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Politeknik Indonusa Surakarta, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, STMIK Tidore Mandiri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Flores, STIMIK Sepuluh November Jayapura dan Universitas Merdeka Malang.

Selain itu, terkait dengan Program S2 PJJ Konsorsium APTIKOM-AMIKOM, Saat ini APTIKOM bekerja sama dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Dirjen Dikti-Kemenristekdikti RI membuka kesempatan bagi para dosen rumpun Ilmu Informatika dan Komputer yang masih berlatar belakang S1 untuk mengikuti Program PJJ ini. Informasi terkait dengan Program Pendidikan Jarak Jauh ini bisa diakses di http://pjjaptikom.id  sedangkan Untuk pendaftaran mahasiswa baru Program PJJ bisa diakses di  http://pmb.amikom.ac.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES