Peristiwa - Daerah

Forsapda Inisiasi Pembentukan BUMDes Karangpandan

Forsapda Inisiasi Pembentukan BUMDes Karangpandan Direktur Forsapda Ahmad Zaki Fadlur Rohman saat berfoto bersama seluruh stakeholder di Desa Karangpandan (foto : Forsapda for TIMES Indonesia)
Rabu, 17 Juli 2019 - 17:06

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepedulian terhadap desa ditunjukan oleh Forum Santri Peduli Desa (Forsapda), dengan menginisiasi pembentukan BUMDes di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Sosialisasi pembentukan BUMDes tersebut, dilakukan oleh Forsapda bekerjasama dengan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya di Balai Desa Karangpandan, Rabu (17/7/2019).

Direktur Forsapda Ahmad Zaki Fadlur Rohman SIp MA mengatakan, Desa Karangpandan belum memiliki BUMDes. Padahal, potensi desa dikenal sebagai sentra Topeng Panji khas Malang.

Apalagi di desa tersebut kata dia, terdapat Padepokan Asmoro Bangun yang merupakan cikal bakal sekaligus sejarah perkembangan kesenian dan kerajinan topeng khas Malang.

"Maka dari itu, kami bersama pihak terkait menginisiasi terbentuknya BUMDes di desa ini, karena potensinya luar biasa," ujar Ahmad Zaki kepada TIMES Indonesia

Dia menjelaskan, potensi yang ada di desa tersebut tidak hanya budaya dan kesenian tradisional berkaitan dengan topeng. Melainkan terdapat beberapa potensi lainnya.

"Maka dari itu, potensi yang ada kami gali. Dalam kesempatan ini, kami mengundang seluruh komponen di desa ini, mulai pemuda, Pokdarwis, tokoh masyarakat untuk diberi pemahaman tentang BUMDes," bebernya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya memaparkan tentang manfaat BUMDes. Diantaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus menekan angka pengangguran.

"Saya memberi contoh ada dua desa di Kabupaten Malang yang sukses mengembangkan BUMDes. Yakni Desa Pujon Kidul dan Desa Sanankerto," ungkapnya.

Menurutnya, untuk mengembangkan BUMDes, Desa Karangpandan bisa berkiblat dari dua desa tersebut yang melalui BUMDes sukses mengelola Cafe Sawah Pujon dan Boonpring Andeman.

"Contohnya sudah ada. Sekarang tinggal kemauan serta kemampuan desa ini. Sedangkan peranan kami mendorong agar Desa ini dapat membentuk BUMdes," tuturnya.

Selanjutnya dia berharap, melalui inisiasi yang dilakukan Forsapda ini nantinya akan terbentuk BUMDes di Desa Karangpandan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration