Wisata

Klampis Ireng, Wisata Religi Baru di Kabupaten Ponorogo

Klampis Ireng, Wisata Religi Baru di Kabupaten Ponorogo Klampis Ireng, salah satu tempat wisata religi di Ponorogo. (Foto: Marhaban/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 Juli 2019 - 17:00

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Mendengar tempat atau wilayah yang bernama Klampis Ireng, orang pasti berasumsi bahwa tempat tersebut angker, wingit, keramat, atau apapun istilah mistis lainnya. Tempat tersebut berada di wilayah Kecamatan Sukorjo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tepatnya di Dukuh Krajan, Desa Sragi.

Banyak cerita yang berkembang di masyarakat bahwa Klampis Ireng sebagai tempat atau kerajaan gaib, di mana semua makhluk gaib berada di tempat tersebut.

"Semua orang berhak meyakini hal tersebut tetapi pihak pemerintah mencoba menjadikan Klampis Ireng sebagai tempat wisata religi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Lilik Slamet Raharjo, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, kini Klampis Ireng sudah disulap dan direnovasi termasuk dibangun galura masuk ke lokasi Klampis Ireng, " Kini Klampis Ireng bisa dijadikan obyek wisata religi yang ada di Ponorogo," jelas Lilik.

Sebenarnya sudah lama ada gagasan menjadikan Klampis Ireng sebagai tempat wisata religi dan masyarakat disekitarnya juga setuju. Seperti yang diungkapkan Kepala Seksi Sejarah dan Nilai-Nilai Tradisional Dinas Pariwisata Ponorogo, Binarpendyah Rawitri. "Masyarakatnya pro aktif dan mendukung situs Klampis Ireng dibangun," ujarnya.

Rawitri juga menyebutkan ada dua tahap pembangunan Klampis Ireng, termasuk pembangunan pagar dan gapura. Tahap I menggunakan dana P-APBD 2018 dan dilanjutkan tahap ke-2 melalui APBD Kabupaten Ponorogo 2019. "Kini bagi masyarakat ingin mengunjungi atau berziarah ke Klampis Ireng aksesnya mudah," tambahnya.(*)

Jurnalis : M. Marhaban (MG-90)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration