Ekonomi

Menteri ESDM Sebut Blok Masela Investasi Asing Terbesar Setelah Freeport

Rabu, 17 Juli 2019 - 16:13 | 57.20k
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (foto: Istimewa)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Ignasius Jonan mengemukakan, total biaya pengembangan lapangan Proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela, Maluku, mencapai 18,5 miliar dollar AS – 19,8 miliar dollar AS.

"Ini adalah investasi asing terbesar sejak 1968 dan simbol pembangunan di Indonesia Timur yang berskala global setelah Freeport Indonesia," kata Jonan usai melaporkan secara persetujuan Rencana Pengembangan (Plan of Development/PoD) Proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2019), dilansir dari laman setkab.go.id

Pada saat pembangunan, menurut Jonan, Proyek Blok Masela dapat menyerap 30 ribu tenaga kerja langsung maupun pendukung. Dan saat beroperasi akan menyerap tenaga kerja antara 4.000 – 7.000 orang termasuk pembangunan industri petrokimia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengutarakan, Presiden Jokowi menekankan 3 pesan penting untuk proyek ini. Pertama, komitmen Inpex sesuai dengan apa yang tertuang di PoD dan arahan pemerintah lewat Kementerian ESDM. 

Kedua, memaksimalkan lokal konten, dan ketiga adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) lokal. "Persetujuan atas revisi PoD oleh pemerintah ini merupakan tonggak sejarah yang sangat penting bagi Proyek LNG Abadi," kata Menteri ESDM Ignatius Jonan terkait Blok Masela.(*)

Sumber: setkab.go.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES