Peristiwa Daerah

Kepala BKKBN Resmikan Command Center Milik Pemkab Malang

Rabu, 17 Juli 2019 - 16:07 | 118.14k
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat meresmikan command center milik Pemkab Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat meresmikan command center milik Pemkab Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), Hasto Wardoyo meresmikan fasilitas command center milik Pemkab Malang di lantai 6 Kantor Bupati Malang, Rabu (17/7/2019).

Fasilitas canggih yang dikelola Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang tersebut untuk mengetahui data terkini kependudukan yang ada di wilayah terluas nomor dua di Jawa Timur ini.

Peresmian itu, dihadiri Sekda Kabupaten Malang, Ir Didik Muljono MT, Kepala DPPKB Kabupaten Malang, beserta sejumlah pejabat serta kepada OPD Pemkab Malang.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo memberi apresiasi Pemkab Malang melalui DPPKB Kabupaten Malang yang telah menyediakan fasilitas canggih command center.

"Melalui fasilitas command center ini, diketahui data kependudukan secara riil. Karena data kependudukan selalu terupdate melalui fasilitas ini," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, belum banyak daerah yang menggunakan inovasi semacam ini untuk kemantau data kependudukan terkini.

"Saat saya menjabat sebagai Bupati Kulonprogo belum ada fasilitas ini. Maka dari itu, fasilitas ini bisa direplikasi di daerah lain. Saya bersyukur dengan kunjungan di Kabupaten Malang ini mendapat sesuatu yang baru," bebernya.

Menurutnya, data yang diketahui melalui command center ini meliputi jumlah penduduk disertai katagori usia. Kemudian, jumlah ibu hamil dan bayi baru lahir juga diketahui.

Tidak hanya itu, jumlah masyarakat yang seharusnya KB tapi belum memakai KB juga diketahui. Maka dari itu, dia menyebut fasilitas ini sudah lengkap dan memanfaatkan teknologi.

"Jadi, informasi yang didapat melalui teknologi command center milik Pemkab Malang ini, dapat dijadikan rujukan untuk mengatasi berbagai masalah kependudukan," kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES