Peristiwa Daerah

Harkopnas 2019 di Lamongan, Koperasi Berbenah di Era Revolusi Industri 4.0

Rabu, 17 Juli 2019 - 13:12 | 143.25k
Bupati Lamongan Fadeli membagikan sepeda di peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, di terminal-pelabuhan ASDP Paciran, Rabu, (17/7/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Bupati Lamongan Fadeli membagikan sepeda di peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, di terminal-pelabuhan ASDP Paciran, Rabu, (17/7/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, dengan tema “Reformasi Total Koperasi berbenah di Era Revolusi Industri 4.0”, menjadi spirit yang diusung koperasi di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada era milenial yang serba digital ini. 

“Koperasi mindside-nya harus berubah, tidak hanya simpan pinjam, baik dari segi usaha, manajemen dan teknologi, makanya dengan revolusi industri 4.0 ini Lamongan jangan ketinggalan,” kata Fadeli, Bupati Lamongan, di terminal-pelabuhan ASDP Paciran, Rabu, (17/7/2019).

Harkopnas-Lamongan-2.jpg

Kreatif dan inovatif untuk menjalankan bisnis dan bersinergi dengan produk-produk koperasi melalui e-commerce ini, sesuai dengan spirit untuk berbenah dengan mengikuti perkembangan zaman ini, akan menegakkan kembali Koperasi sesuai nafas yang dicanangkan oleh Dr (HC) Drs. H. Mohammad Hatta yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. 

Apalagi,  di Lamongan sudah menjawab perubahan dengan berbagai produk di era digital ini, dengan hadirnya e-commerce dan retailnya. “Saya minta di hari Koperasi  ke-72, berbagai kegiatan dibikin, revolusi industri 4.0 dimaksimalkan,” ucap Fadeli.

Meski demikian, Ia tetap meminta para camat, supaya membimbing koperasi-koperasi yang ada di desa-desa. “Di desa-desa sudah ada Kopwan (Koperasi Wanita) semua harus kualitasnya kita jaga. Di desa sudah punya BUMDes, diambilkan dari dana desa untuk pengembangan UKM-nya,” tutur Fadeli. 

Untuk diketahui, pada Harkopnas ini, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Lamongan, mengundang ribuan anggota Kopwan diseluruh wilayah Lamongan. 

“Jumlah yang diundang 1000an. Jumlah anggota koperasi 85 ribu,” kata Anang Taufik, Kepala Diskop UKM Lamongan. 

Menurut Anang, pada selebrasi Harkopnas ini, Diskop UKM Lamongan, juga menyasar kalangan milenial dalam kegiatannya. “Lomba karya tulis, supaya anak muda kita tertarik koperasi, 2019 ini banyak komunitas kalangan pemuda membuat koperasi, baik pemuda NU dan Muhammadiyah. Ini manfaatnya biasa luar biasa,” ujarnya. 

Ia menambahkan, rangkain yang menghebohkan dalam selebrasi Harkopnas ini tentu, membatik sepanjang 72 meter. “Dengan 72 orang, hasilnya dipamerkan di Grand City pada 7 Agustus,” ucap Anang. 

Selebrasi heboh lainnya, tentu saja dengan sajian penyet 1000 lele, dan lomba fashion dengan berat badan 80 kilogram. “Peringatan Hari Koperasi Nasional berlangsung selama 9 hari setiap harinya ada workshop dan pelatihan dunia usaha, dengan menghadirkan pemiliknya bukalapak dan e commerce,” tuturnya dalam Harkopnas dengan tema reformasi total koperasi di era Revolusi Industri 4.0. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES