Ketahanan Informasi

Personel Kodim 0824 Jember Sampaikan Materi Bela Negara kepada Pelajar

Personel Kodim 0824 Jember Sampaikan Materi Bela Negara kepada Pelajar Pemberian materi Wasbang dan PBB Pada PLS Sekolah Oleh Koramil Jajaran Kodim 0824. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Selasa, 16 Juli 2019 - 21:05

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kepada peserta didik baru di sejumlah sekolah di Kabupaten Jember, Jawa Timur diisi dengan sejumlah kegiatan. Di antaranya, pembeklan materi bela negara kepada siswa baru oleh personel TNI dari Kodim 0824 Jember.

Seperti yang dilakukan di Makodim 0824 Jember oleh 4 orang anggota Kodim dipimpin Pelda Wawan Wardoyo. Mereka menyampaikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Kebangsaan (Wasbang), dan Bela Negara kepada 220 siswa baru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Jember.

Materi-Bela-Negara-2.jpg

Kemudian di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanggul diberikan materi yang sama oleh 4 orang personel Koramil 0824/16 Tanggul dipimpin Komandan Koramil Kapten Inf Ismianto.

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancasila 4 Ambulu pemberi materi oleh 3 orang anggota Koramil 0824/24 Ambulu dipimpin Danramil Kapten Arm Anton Hermawan, diikuti oleh 105 siswa baru.

Serta di sekolah lainnya di Jember, Kodim 0824 Jember mengisi kegiatan PLS tersebut dengan pemberian materi PBB, Wasbang, dan bela negara oleh personel TNI dari Koramil setempat.

Materi-Bela-Negara-3.jpg

Menurut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, selain merupakan bagian dari program pembinaan teritorial, hal tersebut juga merupakan implementasi kesepakatan bersama antara Kemendikbud dengan Panglima TNI. Terkait perluasan dan peningkatan mutu layanan pendidikan dan kebudayaan yang diturunkan melalui perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) agar aparat komando kewilayahan (Kodim/Koramil) berperan aktif membantu PLS dengan materi PBB, Wasbang, dan Belanegara.

"Bahkan untuk Kabupaten Jember sudah berjalan selama 2 tahun ini pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) disinergikan dengan Kodim 0824 Jember sebagai pelaksananya, melalui program Satu Sekolah Satu TNI (S3T) yang pelaksanaanya dilakukan pada masa pengenalan lingkungan sekolah pada tahun ajaran baru," terang Arif. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Loading...
Registration