Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar Gelar Latihan Pemantapan

Selasa, 16 Juli 2019 - 19:09 | 183.88k
Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar yang menerima Latihan Pemantapan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar yang menerima Latihan Pemantapan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, GIANYAR – Makan korsa sudah menjadi adat bagi Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar saat hari terakhir latihan. Hal ini juga tampak pada penutupan Latihan Pemantapan Satgas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gianyar yang digelar di Bumi Perkemahan Pucak Sari Desa Kerta Payangan selama 3 hari (12-14/09/2019).

Manajemen Kebencanaan, Dapur Umum, Penataan Posko Pengungsian, Komunikasi Radio Amatir dan materi lain terkait manajemen posko hingga simulasi bencana menjadi sederet materi yang diberikan narasumber kepada 40 Satgas Pramuka Peduli Gianyar.

Materi-materi tersebut diberikan para instruktur dari Pusdalops BPBD Provinsi Bali. Tak hanya terakit kebencanaan, Satgas juga dibekali materi tentang bahaya Narkoba oleh DPW Gannas Provinsi Bali dan Motivasi dari Gugus Dharma Pramuka Tri Datu.

Satgas-Pramuka-2.jpg

I Gusti Ngurah Wijana menyampaikan latihan pemantapan ini adalah salah satu agenda yang telah dirancang dalam program Kerja Kwartir Cabang Gianyar. Latihan pemantapan ini adalah tindak lanjut dari latihan dasar yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu.

“Latihan Pemantapan yang dilaksanakan 3 hari menjadi wahana pembelajaran lanjutan bagi anggota Satgas Pramuka Peduli Gianyar yang telah mengikuti latihan dasar. Sehingga nantinya dengan keterampilan yang mereka miliki mampu membantu masyarakat apabila terjadi hal yang tidak diingankan,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Gusti Ngurah Wijana selaku Ketua Harian Pramuka Kwarcab Gianyar, pelaksanaan Pramuka Peduli telah diperjelas dengan adanya Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 230 tahun 2007 tentang Pentunjuk Penyelenggaraan Pramuka Peduli.

Satgas-Pramuka-3.jpg

Sekretaris Pramuka Peduli Nyoman Aryawan menuturkan bahwa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan anggota Satgas Pramuka Peduli mutlak terus harus dilakukan.

“Ini bagian dari menyiapkan generasi yang siap, sigap dan tangguh untuk melaksanakan kegiatan bakti masyarakat,” ungkapnya.

Semantara itu Ketua Pramuka Peduli Bali I Gde Made Jaya Serataberata memberi apresiasi latihan pemantapan yang telah dilaksanakan oleh Pramuka Peduli Gianyar.

Ia berharap setelah menerima pelatihan ini para Satgas Relawan Pramuka Peduli terus menjaga semangat kepeduliaanya terhadap kebencanaan, lingkungan, sosial maupun kemanusiaan.

“Kami ingin Pramuka Peduli terdepan dalam kepeduliaan lingkungan dan kemanusiaan, mulai dari hal kecil disekitar kita. Sehingga kehadiran kami dari Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar betul-betul bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES