Peristiwa Daerah

Dalang Cilik Kota Batu Raih Juara Parade Dalang Bocah

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:28 | 140.94k
Arya saat berlatih Dalang di rumahnya yang disulapnya mirip panggung pagelaran wayang. (foto: istimewa/TIMES Indonesia)
Arya saat berlatih Dalang di rumahnya yang disulapnya mirip panggung pagelaran wayang. (foto: istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Sebuah prestasi membanggakan diraih oleh Pandhadha Arya Wibisono, Dalang Cilik Kota Batu meraih juara dalam Parade Dalang Bocah Se-Jawa Timur di Kabupaten Ponorogo akhir pekan lalu. 

Ia meraih juara sebagai Dalang Catur Terbaik.

Semua itu merupakan hasil latihan keras yang dilakukan siswa berusia 17 tahun ini. Bahkan ruang keluarga di rumahnya pun disulap bak panggung pementasan wayang. Lengkap dengan seluruh alat musik pengiringnya.

Arya-b5e4cdd911ddd7f14.jpg

Sejak kecil Putri ketiga dari pasangan Yusuf Wibisono dan Prasiasih ini memang tidak suka mainan mobil mobilan dan mainan lain yang kerap dimainkan anak-anak. 

"Arya lebih suka bermain wayang bersama saya, bakatnya mulai terlihat sejak kecil," ujar Afrian Saputra, saudara sekaligus pelatih Arya. Edisi-Rabu-17-Juli-2019-A226e77a355795b63.jpgArya beberapa kali ikut pementasan di Kampung tempat tinggalnya serta beberapa desa di Kota Batu dan Malang. Berbekal pengalaman itu, Arya mengikuti lomba Dalang Cilik yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur di Ponorogo. 

Dalam lomba yang dilaksanakan 6-8 Juli 2019 lalu, Arya merupakan Dalang terkecil yang bersaing dengan 21 peserta dari 12 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur.

Arya-c6436aae3fa1358e5.jpg

Saat itu Arya membawakan lakon berjudul Kangsalena, sebuah cerita berdurasi 45 menit ini memperebutkan tahta Kerajaan Mandura yang dipimpin oleh seorang Ratu yang bernama Badudewa. 

Anak angkat Ratu yang bernama Kangsadewa ingin merebut kekuasaan dan berencana membunuh tiga adiknya, yakni Kakrasana, Narayana dan Roro Ireng yang merupakan anak kandung ratu. 

Namun rencana ini gagal, karena Kangsadewa kalah dan mati terbunuh dalam pertarungan melawan anak-anak ratu. 

Cerita ini mengantarkan Dalang Cilik penggemar Ki Manteb Sudarsono ini menjadi Dalang Catur Terbaik. Dalang Cilik Kota Batu ini berharap kemenangannya meraih juara dalam Parade Dalang Bocah ini menjadi batu loncatan menuju tingkat nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES