Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Susunan Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024 Koalisi Indonesia Maju

Rabu, 17 Juli 2019 - 02:26 | 330.06k
[HOAKS] risalah susunan Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. (sumber: Screenshot)
[HOAKS] risalah susunan Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. (sumber: Screenshot)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar melalui media sosial, termasuk WhatsApp berupa risalah susunan Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Dalam risalah tertulis 'Koalisi Indonesia Maju Republik Indonesia. Risalah Rapat Pengangkatan menteri Pembantu Presiden Dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024'.

Risalah yang beredar itu dalam format PDF dan disertakan logo Garuda Pancasila sebagai kepala surat. Di dalamnya terdapat susunan Kabinet Kerja Jilid II.


CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, Selasa (16/7/2019), dalam risalah itu tercantum waktu dan tempat rapat, pimpinan dan sekretaris rapat hingga pihak yang hadir. Tertulis rapat bersifat tertutup dan dilaksanakan pada Minggu, 14 Juli 2019, di Ruang Rapat Sentul City International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Kemudian tertulis hasil rapat yang menampilkan menteri kabinet, pejabat setingkat menteri, kepala lembaga pemerintah non kementerian, kepala lembaga non struktural, beserta nama-namanya. Keseluruhan risalah ada dua halaman berformat PDF.

Atas beredarnya risalah Kabinet Kerja Jilid II berformat PDF tersebut, seperti dikutip dari detik.com, Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Abdul Kadir Karding, mengatakan risalah kabinet menteri Jokowi jilid 2 yang beredar itu hoaks. Dia mengatakan koalisi tak merekomendasikan nama-nama menteri.

Lebih lanjut baca di sini: Beredar Lagi Susunan Kabinet Jokowi 2019-2024, TKN: Hoax!

Sebelumnya, pernah beredar pula tentang susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Maruf. Hal ini secara tegas dinyatakan hoaks oleh Tim Kampanye Nasional (TKN).

Lebih lanjut baca di sini: [HOAKS] Susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi Ma'ruf


KESIMPULAN

Informasi yang beredar dalam format PDF tentang Susunan Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-224 Koalisi Indonesia Maju termasuk dalam kategori HOAKS. (*)

Cek Fakta TIMES-Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected].

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES