Peristiwa - Daerah

Bupati Blitar Hadiri Purnama Seruling Penataran

Bupati Blitar Hadiri Purnama Seruling Penataran Bupati Blitar Drs H Rijanto MM foto bersama seluruh panitia dan pengisi acara Purnama Seruling Penataran, Rabu (17/72019). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 Juli 2019 - 00:47

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Drs H Rijanto MM menghadiri gelaran Purnama Seruling Penataran di komplek Candi Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Rabu(17/7/2019). Bupati hadir bersama Forkopimda serta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya, Bupati Riyanto menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Purbakala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah memberikan izin penggunaan komplek Candi Penataran untuk pentas Purnama Seruling Penataran.

"Namun kegiatan Purnama Seruling Penataran tahun ini ada sedikit koreksi yang harus kita benahi," katanya.

Koreksi tersebut, dikatakan Bupati, yaitu yang biasanya panggung di atas area relief, namun sesuai rekomendasi dari Dirjen Purbakala Kemendikbud, nampaknya ada keluhan pada penempatan panggung, karena struktur candi akan goyah atau bergeser akibat kuatnya tekanan suara dari sound system.

"Tekananan suara yang kuat berpengaruh pada struktur candi. Oleh karena itu purnama Seruling Penataran tahun ini panggungnya agak maju," terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Rijanto juga mengingatkan bahwa pada bulan Juli ini sudah memasuki rangkaian hari jadi Kabupaten Blitar yang ke-695. Rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Blitar antara lain tanggal 9 - 12 Juli kemarin di Amphitheater Penataran telah dilaksanakan Festival Penataran, yang di dalamnya ada Festival Panji Nusantara yang diikuti oleh delegasi kesenian dari Jawa barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, dan Jawa Timur sendiri.

"Cerita Panji diangkat dari relief Candi Penataran ini menceritakan Percintaan Panji Asmoro Bangun dengan Dewi Sekartaji. Inilah yang menjadi kebanggan Warga Blitar," jelas Bupati Blitar Drs H Rijanto MM. (kmf)

Jurnalis : Muhammad Sholeh
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Blitar

Komentar

Loading...
Registration