Kesehatan

Wah! Makanan Sehat Ini Bisa Menurunkan Risiko Kanker Paru

Rabu, 17 Juli 2019 - 04:49 | 57.33k
Brokoli. (Thinkstock)
Brokoli. (Thinkstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain menghindari merokok dan paparan asap rokok, salah satu cara mudah untuk melindungi diri dari kanker adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari risiko kanker paru.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko terkena kanker paru.

1. Apel

Sebuah penelitian berskala besar yang diterbitkan dalam jurnal medis “PLOS One” menemukan, apel mengandung flavonoid yang melimpah sehingga dapat menurunkan risiko kanker paru. Asupan flavonoid, flavonol, flavon dan flavaon, flavonol quercetin dan kaempferol memang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker yang berhubungan dengan rokok.

2. Bawang putih

Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi bawang putih mentah dua kali atau lebih per minggu dapat menurunkan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

Bawang putih mengandung senyawa dialil sulfida yang bekerja sebagai antioksidan dan antikanker. Tak cuma itu, bawang putih pun telah lama dipercaya bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

3. Brokoli

Senyawa glukosinat yang terkandung dalam brokoli dapat mengurangi risiko kanker paru hingga 21-32 persen, terutama pada wanita. Agar segala kebaikan dalam brokoli tidak hilang pasca proses memasak, brokoli sebaiknya dimatangkan dengan cara dikukus saja selama kurang lebih 3,5 menit.

4. Labu

Labu mengandung zat beta-cryptoxanthinyang dapat menurunkan risiko kanker paru sebesar 15-40 persen. Selain berperan dalam penurunan risiko kanker paru, senyawa tersebut juga berperan dalam mengurangi risiko terjadinya artritis (radang sendi).

5. Bayam

Bayam kaya akan folat. Dalam beberapa penelitian, folat mampu mengurangi risiko kanker paru pada mantan perokok hingga 40 persen. Bayam termasuk sayuran yang penting karena sekitar 60 persen orang yang menderita kanker paru adalah mantan perokok, bukan perokok aktif. Makanan sehat ini juga mengandung lutein yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab kanker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES