Peristiwa - Daerah

Pagelaran Purnama Seruling Penataran Sukses Memukau Penonton

Pagelaran Purnama Seruling Penataran Sukses Memukau Penonton Penampilan Jaranan Pegon di Purnama Seruling Penataran, Selasa (16/7/2019) malam. (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia )
Selasa, 16 Juli 2019 - 22:56

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pagelaran Seni Purnama Seruling Penataran sukses memukau ribuan penonton yang memadati pelataran komplek Candi Penataran di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Selasa (16/7/2019) malam.

Purnama Seruling Penataran kali ini menghadirkan penampilan Jaranan Pegon Blitar dan Barong dari Sanggar Mega Mendung Budaya yang mewakili penampil lokal. Juga, penampilan Barongsai dan Liong Klenteng Poo An Kiong sebagai representasi kesenian nusantara.Edisi-Selasa-Malam-16-Juli-2019-Blitarnyar.jpgSebagai puncak acara, disajikan karya Dewan Kesenian Kabupaten Blitar berupa Sendratari "Bubhuksah dan Gagang Aking" yang digarap berdasarkan relief yang terdapat pada pendopo teras Candi Palah. Sendratari tersebut bercerita tentang perjalanan spiritual dua anak manusia hingga mencapai nirwana.

Selain seniman lokal dan nusantara, pagelaran seni Purnama Seruling Penataran ini juga menampilkan seniman mancanegara. "Acara ini juga dimeriahkan penampilan Rodrigo Parejo dari Spanyol dan Yuliana Meneses Orduno dari Meksiko," ungkap Wima Brahmantya, Ketua Dewan kesenian Kabupaten Blitar. (*)

Jurnalis : Muhammad Sholeh
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Loading...
Registration