Pendidikan

Pemkab Apresiasi Siswa SMAN 4 Pamekasan yang Berhasil Buat Kursi dari Sampah Plastik 

Selasa, 16 Juli 2019 - 20:17 | 104.57k
Amin Jabir, kepala DLH saat memantau pembuatan meja dan kursi di SMAN 4 Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Amin Jabir, kepala DLH saat memantau pembuatan meja dan kursi di SMAN 4 Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Pemkab Pamekasan mengapresiasi kreasi siswa SMAN 4 Pamekasan yang berhasil membuat kursi dan meja dari sampah plastik dan botol air, Selasa (16/7/2019).

Kepala DLH Pemkab Pamekasan, Amin Jabir, menyampaiakan bahwa program ecobrick yang ada di sekolah tersebut telah berhasil menciptakan inovasi baru.

“Secara spontan saya kaget sekaligus tergugah dengan kreasi yang dilakukan oleh anak-anak kita ini sehingga bisa mengubah kodrat sampah plastik menjadi barang yang berharga dan itu merupakan gaung bersambut bagi kami,” ucapnya.

Amin Jabir mengatakan hal itu sebagai gaung bersambut, karena di PAK 2019, Pemkab berinisiasi memberi anggaran untuk program pembelian ecobrick.

“Itu salah satu inisiasi untuk memastikan bahwa persoalan sampah plastik ini yang sudah ada konsepnya ecobrick bisa berjalan lancar, karena persoalan yang mendasar pada setiap program itu adalah persoalan pangsa pasarnya,” ungkap Jabir.

Menurut Amin, DLH juga siap memasarkan ke pasar-pasar, baik toko mebel, masyarakat dan juga perkantoran.

“Menurut saya, umur manfaat ecobrick berupa kursi dan meja ini akan panjang dan jauh lebih panjang dibandingkan ecobrick dibuat bunga-bunga, dibuat baju dan yang lainnya,” imbuhnya.

Amin Jabir menilai ecobrick berupa kursi dan meja dari sampah plastik oleh siswa SMAN 4 Pamekasan itu desainnya tidak kalah mewah dengan kontruksi kayu dan kontruksi lainnya. “Maka kami berharap kegiatan seperti ini tetap terus berlanjut dan mudah-mudahan ada desain lain yang lebih menarik dari ini,” harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES