Peristiwa - Daerah

17 Juli 2019, Gerhana Bulan Parsial Bisa Diamati di Indonesia

17 Juli 2019, Gerhana Bulan Parsial Bisa Diamati di Indonesia Ilustrasi Gerhana Bulan. (langitselatan)
Selasa, 16 Juli 2019 - 19:50

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Fenomena alam gerhana bulan parsial akan terjadi pada 17 Juli 2019 dini hari. Gerhana bulan ini bisa diamati langsung di Indonesia.

Fenomena alam gerhana bulan parsial akan terjadi pada 17 Juli 2019 dini hari. Gerhana bulan ini bisa diamati langsung di Indonesia.

Dikutip dari laman BMKG, gerhana bulan sebagian bakal berlangsung mulai pukul 1:42 WIB dan berakhir pukul 07:19 WIB. 

Gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Atau, peristiwa yang terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Sedangkan gerhana bulan parsial atau sebagian terjadi ketika bumi tidak sepenuhnya menghalangi sinar matahari yang menuju bulan.

Proses gerhana bulan diawali dengan bulan masuk penumbra Bumi pada pukul 01:42 WIB. Biasanya, mata awam sulit untuk membedakan apakah sudah terjadi gerhana atau belum. 

Lalu, bulan mulai memasuki umbra Bumi pukul 03:01 WIB. Saat ini, gerhana mulai relatif mudah dilihat dengan mata telanjang. 

Selanjutnya tengah gerhana mulai terjadi pada pukul 04:30 WIB yang mana merupakan waktu puncak fase gerahan bulan sebagian. 

Mulai pukul 06:00 WIB, bulan mulai keluar umbra bumi. Saat itu wajah Bulan kembali Purnama, tetapi kecerlangannya belum kembali normal karena masih dalam tahap gerhana bulan penumbra. 

Proses gerhana bulan akan berakhir pada pukul 07:19 WIB saat bulan keluar penumbra Bumi. 

Gerhana bulan parsial ini dapat dilihat oleh masyarakat di Indonesia. Bahkan peristiwa ini aman dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu binokuler (kekeran) atau teleskop.(*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

Komentar

Loading...
Registration