Peristiwa Daerah

Tugu Keris Sumilang Gandring, Landmark Baru Kabupaten Gresik

Selasa, 16 Juli 2019 - 19:09 | 263.13k
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai meresmikan tugu berbentuk keris sumilang gandring. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto usai meresmikan tugu berbentuk keris sumilang gandring. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kabupaten Gresik, Jawa Timur punya landmark baru. Tugu berupa replika keris Sumilang Gandring itu diresmikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Selasa (16/7/2019).

Peresmian bangunan ciri khas Gresik itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sambari dengan disaksikan Direktur PT Wilmar Nabati Indonesia, Saronto Subagyo.

Tampak hadir dalam prosesi tersebut Kapolres Gresik AKBP. Wahyu Sri Bintoro, Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol. Inf. Budi Handoko.

Pemberian nama keris Sumilang Gandring untuk menghormati jasa Bupati Sidayu ke-8, yakni Kanjeng Sepuh Sidayu (Pangeran Haryo Suryodiningrat) yang dimasa lampau memiliki senjata pamungkas yang diberi nama keris Sumilang Gandring.

Bupati Sambari Halim Radianto mengatakan, tugu landmark yang telah diserahterimakan ini menambah ikon monumental untuk mempercantik Kota Gresik.

Kendati demikian, Bupati Sambari mengungkapkan bahwa landmark tersebut adalah hibah dari PT Wilmar Nabati Indonesia.

“Semua hibah yang diserahterimakan ke kami hanya berupa bangunan fisik. Jadi saya tegaskan sekali lagi bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik tidak menerima hibah berupa anggaran namun berupa bangunan fisik saja,” kata Bupati Sambari.

Selanjutnya, Bupati Sambari meminta kepada Dinas terkait, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup untuk menjaga dan merawat tugu landmark tersebut.

"Terutama keindahan taman di sekitar tugu. Tanaman yang menghiasi sekitar tugu juga tolong diawasi dan dirawat,” katanya.

Tugu Keris Sumilang Gandring yang memiliki tinggi sekitar 15 meter lebih ini diharapkan bisa menjadi landmark baru Kota Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES