Peristiwa - Daerah

Bersih Desa di Desa Pujiharjo, Masyarakat Arak Ribuan Encek-Encek

Bersih Desa di Desa Pujiharjo, Masyarakat Arak Ribuan Encek-Encek Masyarakat desa Pujiharjo saat mengarak Encek-Encek dalam rangka bersih desa. (Foto : Hendik Arso Marhen for TIMES Indonesia)
Selasa, 16 Juli 2019 - 19:16

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar Bersih Desa dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-87 desa tersebut, dengan mengarak ribuan Encek-Encek atau aneka jenis makanan, Selasa (16/7/2019).

Aneka Encek-Encek atau makanan yang diarak mulai nasi dan lauk pauk, yang diletakkan di dalam sebuah tempat yang terbuat dari pelepah pohon pisang yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah wadah atau tempat makanan, yang kemudian diarak menuju balai desa.

Sebelum diarak, masyarakat Desa Pujiharjo yang membawa encek-encek, berkumpul di tempat yang telah ditentukan, kemudian berjalan bersama-sama, seraya membawa encek-encek tersebut.

"Selain Encek-Encek, waarga juga membawa hasil pertanian atau perkebunannya. Seperti pisang, ketela pohon, jagung, padi dan sebagainya," ujar Kepala Desa Pujiharjo, Hendik Arso Marhen kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bersih desa ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Setelah diarak, Encek-Encek serta hasil bumi ini didoakan terlebih dahulu. Kami terpaksa menggelar doa selamatan di tengah jalan, karena banyaknya warga yang berpartisipasi mengikuti bersih desa ini," bebernya.

Menurutnya, kalau bersih desa ini dikemas dengan baik. Sehingga wisata budaya Bersih Desa ini pun tak kalah menariknya. Sebab, pada acara tahunan ini, banyak kegiatan yang digelar.

"Sebelumnya kami menyelenggarakan kebaktian di Gereja dan pengajian. Ini bukti bahwa kerukunan antarumat beragama terjalin dengan baik di desa kami ini," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar aneka kegiatan lain yang bernuansa kesenian serta kebudayaan tradisional dalam rangka bersih desa tersebut. "Semua kesenian serta kebudayaan tradisional yang ditampilkan, merupakan persembahan murni dari masyarakat kami," ungkapnya.

Selanjutnya dia berharap melalui Bersih Desa dengan mengarak Encek-Encek ini diharapkan ke depannya masyarakat di Desa Pujiharjo tetap mendapat limpahan rezeki dari Tuhan yang Maha Esa. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration