Selasa, 17 September 2019
Pendidikan

Permainan Tradisional di Hari Pertama Orientasi Siswa SD Muhammadiyah 24

Permainan Tradisional di Hari Pertama Orientasi Siswa SD Muhammadiyah 24 Layanan Orientasi Siswa (LOS) SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya mengenalkan berbagai permainan tradisional kepada siswa siswi baru, Selasa (16/7/2019). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Selasa, 16 Juli 2019 - 18:36

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Siswa-siswi baru mengikuti Layanan Orientasi Siswa (LOS) bertema "Aku Anak Berkarakter” di Kompleks Character Activity Center SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya, Selasa (16/7/2019).

Mereka menikmati hari pertama masuk SD dengan penuh keceriaan. Karena sekolah mengenalkan berbagai permainan tradisional seperti bakiyak, lompat tali, dan bekel. 

Kegiatan tersebut secara tidak langsung juga bermanfaat mengatasi kecanduan gawai pada anak. 

“Tema Anak Berkarakter bertujuan untuk mengenalkan kepada mereka permainan yang menyenangkan dan menyehatkan termasuk permainan tradisional,” terang Anjar Ayu Utami N, Ketua Panitia LOS.

Terlebih, peralihan anak dari Taman Kanak-kanak (TK) menuju Sekolah Dasar (SD) terkadang tidak semulus yang diharapkan. Masih ada anak yang belum siap untuk menjalani tugas perkembangan barunya sebagai anak SD. 

Oleh karena itu, di hari pertamanya masuk sekolah dasar, penting bagi sekolah untuk memberikan kegiatan yang positif dan menyenangkan agar anak-anak bisa mengenal dan beradaptasi dengan teman baru serta kearifan lokal yang ada di lingkungan barunya. 

“Dengan demikian, proses peralihan dan penyesuaian yang harus mereka lalui dari TK menuju SD dapat berjalan dengan mulus,” pungkas pendidik SD Karakter Muhammadiyah 24 Ketintang tersebut. (*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration