Peristiwa - Nasional

Menteri Agama RI Hadiri Pelepasan Mahasiswa KKN Gelombang 2 IAIN Tulungagung

Menteri Agama RI Hadiri Pelepasan Mahasiswa KKN Gelombang 2 IAIN Tulungagung Menteri Agama Republik Indonesia, Luqman Hakim Syaifudin saat pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di IAIN Tulungagung. (FOTO: Irham Wildana/TIMES Indonesia)
Selasa, 16 Juli 2019 - 15:03

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Pelepasan mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) gelombang 2 IAIN Tulungagung terasa istimewa dengan hadirnya Menteri Agama RI, Luqman Hakim Syaifudin. Acara pelepasan dilakukan di teras gedung Arif Mustaqim, Selasa (16/07/2019).

KKN gelombang 2 kali ini dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus. Ada 4 jenis KKN yang ada di IAIN Tulungagung, yakni KKN reguler yang berjumlah 1.081 mahasiswa, KKN Revolusi Mental sebanyak 511 mahasiswa, KKN Internasional di Patani Thailand sebanyak 10 mahasiswa, KKN Kebangsaan Ternate-Tidore sebanyak 5 mahasiswa, dan KKN Nusantara di IAIN Samarinda sebanyak 5 mahasiswa.

Total keseluruhan ada 1612 mahasiswa IAIN Tulungagung mengikuti program KKN gelombang 2.

Menteri Agama RI, Luqman Hakim mengatakan sangat bersyukur bisa menjadi bagian dalam proses pelepasan sejumlah mahasiswa IAIN Tulungagung untuk melakukan KKN gelombang 2.

Menurutnya, KKN adalah perwujudan manifestasi dari keberadaan mahasiswa sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari cifitas akademika untuk melaksanakan tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"KKN adalah fase dimana kita berbaur di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan tiga hal tadi, hasil dari selama beberapa semester kita mendapatkan berbagai materi pendidikan dari dosen kita," katanya.

Menteri Agama juga berpesan kepada mahasiswa KKN mengenai modal penting ketika di tengah masyarakat, yakni untuk selalu rendah hati ketika mendampingi masyarakat. "Dengan rendah hati berbagai persoalan akan dengan mudah kita hadapi," katanya.

Selain melepas mahasiswa KKN gelombang 2, kunjungan Menteri Agama RI tersebut sekaligus meletakkan batu pertama gedung perpustakaan baru IAIN Tulungagung dan pengukuhan Guru Besar bidang Filsafat Prof. Dr. H. Maftukhin, M. Ag yang dalam hal ini sebagai Rektor IAIN Tulungagung. (*)

Jurnalis : M Irham Wildana (MG-93)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Tulungagung

Komentar

Loading...
Registration