Peristiwa - Daerah

Terkendala Aggaran, DLHP Bondowoso Hanya Angkut Sampah di 12 Kecamatan 

Terkendala Aggaran, DLHP Bondowoso Hanya Angkut Sampah di 12 Kecamatan  Pengolahan sampah di Jalan Ki Mangunsarkoro Bondowoso Kota. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Selasa, 16 Juli 2019 - 13:07

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dari 23 kecamatan, DLHP (Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan) Kabupaten Bondowoso hanya mampu mengangkut sampah dari 12 kecamatan. 

Kasi Pengolahan Sampah dan Limbah B3, DLHP Bondowoso, Abdul Asis menjelaskan, bahwa keterbatasan pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) karena terkendala anggaran. 

“Kita sementara melayani 12 kecamatan. Itupun yang masuk atau kita angkut dari pasar daerah,” katanya pada TIMES Indonesia. 

Menurutnya, dari 12 kecamatan itu produksi sampah yang diangkut ke TPA setiap hari mencapai 42 ton.

“Ada 12 kecamatan yang kita layani. Hanya itu saja. Sebenarnya sampah di luar itu masih banyak sampah di Bondowoso,” jelasnya.

Sementara sampah di 11 kecamatan lainnya ada yang dibakar, ditumpuk dan dibuang ke sungai oleh warga. 

Menurutnya, produksi sampah terbanyak itu dari warga atau rumah warga. Diperkirakan rumah atau per orang bisa menghasilkan 1,5 liter sampah per hari. 

“Kalau produksi sampah yang jelas dengan meningkatnya jumlah penduduk, juga jelas bertambahnya jumlah sampahnya,” sambungnya. 

Ke depan, lanjutnya, akan ada program pengurangan sampah di tempat atau pada sumbernya. Yakni melalui bank sampah. Di sana nanti ada pilah olah sampah organik dan non organiknya. 

“Ke depan kita akan mengadakan sosialisasi dimana penanganan sampah yang baik dan benar. Agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan seperti ke sungai,” jelasnya. 

Produksi sampah di Bondowoso paling banyak sampah plastik. Bahkan paling dominan di TPA adalah sampah plastik. Sehingga DLHP Bondowoso mengharapkan kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan plastik secara berlebihan. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration