Kopi TIMES

Urgensi Literasi Bagi Aktivis Kampus

Urgensi Literasi Bagi Aktivis Kampus Muhammad Afnani Alifian, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Malang, anggota redaksi Lembaga Pers Mahasiswa Fenomena Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (Grafis: TIMES Indonesia)
Selasa, 16 Juli 2019 - 12:25

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat atau bangsa yang tidak memiliki tradisi literasi yang kokoh juga tidak memilkiki tdaridi intelektual atau pemikiran yang kuat dan sehat sehingga berada dalama keadaan rentan, malah mudah runtuh, Prof Joko Saryono menuliskan dalam bukunya Literasi : Episentrum dan Kemajuan Kebudayaan Dalam Peradaban.

Masih sering menjadi perbincangan hingga kini klasifikasi antara akademisi dan aktivis. Padahal keduanya tidak perlu diklasifikasikan. Seorang aktivis sudah seyogyanya memiliki kemapuan akademis yang baik, tentu demi terciptanya iklim organisasi yang sehat, dan pola managerial yang terstruktur dengan baik.

Sebaliknya, akademisi memerlukan kemampuan mengolah lingkungan dengan baik, maka dari itu perlu kiranya untuk tidak apatis. Melihat juga tuntutan masyarakat saat ini dimana tidak cukup hanya pandai semata, tetapi juga berpengalaman yang mumpuni.

Mahasiswa dalam lingkup umum dikenal sebagai akademisi, sementara aktivis mahasiswa merupakan nilai tambah yang membedakan dirinya dengan akademisi utuh. Aktivis tidak hanya berfokus pada bangku perkuliahan saja, tetapi juga memiliki kesadaran lebih untuk memikirkan masyarkat.

Keduanya juga memiliki satu kebutuhan urgen, bukan hanya kebutuhan tetapi juga kewajiban. Kewajiban untuk melek literasi. Literasi sendiri dalam makna sempit KBBI diartikan sebagai keberaksaraan, budaya membaca dan menulis, juga berbicara (public speaking).

Saat ini tidak sulit untuk menemukan aktivis kampus apolitis, bahkan kehilangan rasa ingin tahu dan jiwa kritisnya. Ada juga aktivis yang sok kritis, tetapi pendapat yang dikemukan tidak sesuai dengan situasi dan kondisi. 

Jurnalis :
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration