Kesehatan

Jangan Malas Mencuci Piring, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Jangan Malas Mencuci Piring, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mencuci piring disebut studi bisa meredakan stres. (FOTO: Shutterstock)
Selasa, 16 Juli 2019 - 12:16

TIMESINDONESIA, JAKARTAMencuci piring salah satu pekerjaan rumah yang sepele namun paling malas dilakukan. Basah, dingin dan jijik, adalah beberapa alasan kita malas mencuci piring.

Namun penelitian dari Florida State University, Amerika Serikat mengungkapkan ada manfaat untuk kesehatan yang didapat saat mencuci piring.

Mencuci piring bisa memberi ketenangan pada pikiran. Ini dikaitkan dengan peningkatan sistem imun, mengurangi stres, termasuk peningkatan kesejahteraan.

Penelitian itu mengajak 51 mahasiswa untuk berpartisipasi dalam penelitian. Hampir separuh lebih dari partisipan diajarkan untuk fokus pada kesadaran pengalaman mencuci piring, seperti aroma sabun, merasakan busa yang keluar, suhu air dan bentuk serta rancangan piring.

Sementara itu, partisipan lainnya, yang bertindak sebagai kelompok pengendali, fokus pada selesainya pekerjaan. Hasil temuannya pun cukup signifikan.

Sebanyak 27 persen mahasiswa yang belajar tentang pendekatan pikiran mengalami penurunan rasa gugup dan 25 persen meningkat rangsangan psikisnya usai mencuci piring. Sedangkan pada kelompok pengendali yang hanya mencuci piring seperti biasa disebut tak mendapat manfaat apa pun.

"Secara khusus aku tertarik pada bagaimana aktivitas dalam hidup dapat dimanfaatkan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh," jelas Adam Hanley, salah satu peneliti.

Nah apakah Anda ingin mendapat manfaat dari mencuci piring? Yuk mulai sekarang rasakan semua komponen saat mencuci piring. Selamat mencoba!(*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Loading...
Registration