Ketahanan Informasi

Komandan Kodim 0824 Jember Jadi Narasumber di Rakor Bakorwil V Jember

Komandan Kodim 0824 Jember Jadi Narasumber di Rakor Bakorwil V Jember Pelaksanaan Rakor bakorwil V Jember. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Senin, 15 Juli 2019 - 18:01

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bertempat di Kantor Badan Koordinator Wilayah V (Bakorwil V) Jember di Jalan Kalimantan Nomor 42, Jember dilaksanakan Rapat Sinkronisasi dan Fasilitasi Penyelenggaraan Toleransi  Sosial se-Wilayah Kerja Bakorwil V yang meliputi Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Rapat tersebut fokus pada penyelesaian dan pemeliharaan kerukunan antarumat beragama.

Momok Bisuwono, Kepala Bidang Kemasyarakatan Bakorwil V Jember dan sejumlah narasumber, yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur M. Ersan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Timur Hamid Syarif, dan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar.   

Hadir sebagai undangan di antaranya Komandan Kodim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto, Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Inf Tarmuji, para perwakilan dari Kodim, Polres, Kepala Bakesbangpol dan Kemenag Kabupaten/Kota di wilayah Kerja Bakorwil V Jember .

Rakor-bakorwil-Jember.jpg

Usai dilakukan pembukaan para narasumber diberikan kesempatan menyampaikan papaparan pendahulun berkaitan dengan materi yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan diskusi dengan moderator Agung Purwanto, Kepala Humas Universitas Jember (Unej).

M. Ersan menyampaikan materi dengan judul Pelestarian Kerukunan Antar Umat Beragama, dengan mengupas berbagai permasalahan serta perkembangan permasalahan kerukunan antarumat beragama di Provinsi Jawa Timur.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dengan judul Memelihara Harmonisasi Kerukunan Antar Umat Beragama Sebagai Bagian Dari Bela Negara.

Kemudian dari FKUB Jawa Timur Hamid Syarif yang membahas kewenangan dan tugas FKUB dalam memelihara kerukunan antarumat beragama.

Selanjutnya dalam diskusi yang dilaksanakan berbagai permasalahan yang disampaikan sebagian besar terkait penguatan FKUB sebagai katalisator dalam penyelesaian permasalahan antarumat beragama.

Sesuai situasi dan kondisi di masing-masing kabupaten serta lemahnya penganggaran yang mendukung operasional FKUB.

Usai Kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa kegiatan seperti itu sangat penting sekali sebagai wadah diskusi dan koordinasi dalam memantapkan sinkronisasi penyelesaian masalah-masalah kerukunan antarumat beragama.

"Meskipun saat sekarang ini tidak ada permasalahan tersebut, namun dengan diskusi seperti itu minimal kita sudah memiliki visi dan persepsi yang sama dalam menghadapi permasalahan," kata Arif.

Dia menuturkan, dalam memelihara kerukunan antarumat beragama ini memang perlu peran semua pihak, perlu adanya keteladanan para tokoh agama.

"Sehingga bisa membantu peran sertanya dalam menyejukkan suasana manakala ada permasalahan antarumat beragama maupun dalam internal agama, sehingga tidak berdampak lebih luas," ujar Komandan Kodim 0824 Jember. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Loading...
Registration