Peristiwa Daerah

BPBD: 11 Kecamatan di Pamekasan Masuk Pada Kategori Kekurangan Air 

Selasa, 16 Juli 2019 - 08:46 | 64.66k
Ilustrasi - Kekeringan (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Kekeringan (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASANBPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pamekasan sudah memetakan wilayah kering di daerah berjuluk kota Gerbang Salam. Dari tiga belas kecamatan, ada sebelas kecamatan masuk pada kategori kekurangan air atau kekeringan.

Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus, menyampaikan bahwa kekeringan di Pamekasan terbagi dalam dua kategori, yakni Kering langka dan kering kritis.

"Kekeringan air ini disebabkan memasuki musim kemarau, sehingga banyak wilayah di Kabupaten Pamekasan mengalami kekeringan atau kekurangan air bersih,"ungkapnya.

BPBD mengaku belum bisa mendistribusikan air bersih bagi wilayah-wilayah yang kekeringan tersebut. Sebab masih menunggu SK dari Bupati Baddrut Tamam.

Akmalul-Firdaus.jpgKepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus, saat ditemui di kantornya.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMESIndonesia)

“Untuk pengiriman air ke wilayah kering di Pamekasan, kami masih menunggu SK turun dari bupati Baddrut Tamam,” kata kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus, saat di temui ruangannya, Selasa, (16/07/2019).

Untuk pendistribusian air bersih, pihaknya memperkirakan akan dimulai pada awal Agustus. Sebab, BPBD perlu bekerjasama dengan PDAM Pamekasan untuk pengiriman.

“Untuk pengiriman jangka waktunya sekitar dua bulan. Yakni Agustus dan September,” ujarnya pada wartawan TIMES Indonesia.

Firdaus, meminta agar masyarakat memanfaatkan sesuai kebutuhan. Bahkan ia melarang air digunakan untuk menyiram, bertani dan lain sebagainya, yang tidak sesuai kebutuhan.

“Jika mendapatkan air bersih, agar masyarakat menggunakannya sesuai kebutuhan, tidak untuk nyiram tanaman dan lainnya,” ucap Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES