Peristiwa - Internasional

USA Pencak Silat Championship 2019 Digelar Kali Pertama di Negeri Paman Sam

USA Pencak Silat Championship 2019 Digelar Kali Pertama di Negeri Paman Sam USA Pencak Silat Championship 2019 yang di gelar oleh Federasi Pencak Silat USSSA (Foto: Istimewa)
Selasa, 16 Juli 2019 - 07:44

TIMESINDONESIA, NEWYORK – Federasi Pencak Silat USSSA menggelar USA Pencak Silat Championship 2019, sebuah kejuaraan silat nasional yang dihadiri oleh beberapa negara bagian di USA. Seperti New York, Colorado, Mini sotha, Illinoils, Virginia, dan beberapa negara bagian lainnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Jac, presiden USA Pencak Silat Federation dan juga diawali dengan sambutan Mr Beny Gautama selaku ketua harian Persatuan Silat Antar Bangsa (Persilat).

Dalam sambutannya Jac menyampaikan rasa senang bisa menggelar kegiatan ini sebagai langkah awal pencak silat di USA.

USA-Pencak-Silat-Championship-2019-a.jpg

Sedangkan Beny Gautama menyampaikan, bahwa terselenggaranya kegiatan ini sebagai pertanda pencak silat sudah diterima oleh masyarakat dunia. 

"Kami berharap semakin banyak event pencak silat di beberapa negara. Segera nanti akan dievaluasi pelaksanaan kegiatan ini dan jika hasilnya memuaskan maka tidak menutup kemungkinan world championship akan digelar di USA," ujarnya.

Sementara itu untuk menandai secara simbolis dalam event USA Pencak Silat Championship 2019 dilakukan pemukulan gong oleh Sandi Suwardi Hasan, selaku wakil dari pemerintah Indonesia. 

Sandi sebagai pejabat Kementrian Pemuda dan Olahraga atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan rasa bangga dan respect kepada Jac.

USA-Pencak-Silat-Championship-2019-b.jpg

"Kami berharap pencak silat akan tumbuh sebagai industri olahraga di dunia," ucap Sandi.

Sandi juga menyatakan bahwa Menpora Imam Nahrawi selalu mengingatkan dengan serius bahwa pemerintah Indonesia  sedang berkampanye menuju Olympic Game 2032. Di mana Indonesia berharap pencak silat dapat dipertandingkan.

"Ini membutuhkan partisipasi dari semua pihak.  Pak menteri berharap pencak silat dapat dicintai masyarakat dunia," ujarnya.

Sandi menegaskan masih terdapat 20 negara lagi yang harus berdiri federasi dan diakui oleh NOC masing-masing negara agar Pencak Silat dapat dipertandingkan di Olimpic games. Di samping itu sandi berharap pencak silat profesional dan pencak silat dalam bentuk electronic game dapat segera terwujudkan.

USA-Pencak-Silat-Championship-2019-c.jpg

Secara bersama pemukulan gong pembukaan USA Pencak Silat Championship 2019 dilakukan oleh Sandi didampingi oleh Mr Beny dan Jac. Gamelan dimainkan oleh penduduk asli Amerika yang sudah belajar dari Indonesia. (*)Hal-A-nyar-Selasa-16-Juli-2019.jpg

 

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration