Gaya Hidup

Ingin Rumah Dingin Tanpa AC? Lakukan Langkah Ini

Selasa, 16 Juli 2019 - 07:35 | 242.62k
ILUSTRASI - Membuka Jendela Rumah bila suhu di Luar Ruang lebih Sejuk. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Membuka Jendela Rumah bila suhu di Luar Ruang lebih Sejuk. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Meski saat ini udara Indonesia sedang dingin, beberapa waktu ke depan pasti udara akan kembali terasa panas. Ya, tinggal di iklim tropis membuat suhu udara selalu terasa panas. Hal ini memicu orang untuk selalu menyalakan pendingin ruangan seperti AC baik di siang maupun malam hari. Sebenarnya, adakah cara agar rumah dingin tanpa AC?

Bagi sebagian orang tak masalah menyalakan AC siang malam. Namun, bagi sebagian lainnya hal ini terasa berat karena tagihan listrik bisa membengkak. Jika ingin melakukan penghematan biaya listrik bulanan di rumah, coba terapkan langkah berikut untuk menurunkan suhu ruang menjadi lebih adem tanpa AC.
  
1. Letakkan kipas angin di tempat yang strategis. Kipas angin lebih efektif membawa suhu sejuk ketimbang luas area.
 
2. Jika suhu luar ruang lebih sejuk dibanding suhu dalam ruang, bukalah jendela dan nyalakan beberapa kipas angin dengan posisi kepala kipas menghadap ke luar jendela. Posisi ini bisa mendorong udara panas mengalir ke luar.
 
3. Letakkan mangkuk berisi air dingin atau handuk basah di depan kipas angin yang menyala untuk meningkatkan hawa sejuk.
 
4. Dalam kamar tidur gunakan bahan kain kasur yang 100% katun karena memiliki serat natural dan ‘bernapas’. Hindari bahan polyester atau flannel yang menahan panas.
 
5. Jika udara di luar sangat panas, tutup semua jendela dan pintu untuk menahan masuknya udara panas. Letakkan pula pot tanaman di depan jendela untuk menyerap energi panas.
 
6. Matikan lampu atau alat elektronik yang mengundang panas.

Itulah 6 langkah yang bisa Anda lakukan agar rumah bisa terasa dingin meski tanpa AC. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak. Yuk, lakukan cara di atas jika ingin rumah dingin tanpa AC. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Femina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES