Gaya Hidup

Mencegah Kulit Kering saat Ibadah Haji, Ini yang Harus Dilakukan

Selasa, 16 Juli 2019 - 03:08 | 74.88k
Ilustrasi. (mirzavisoko/Shutterstock)
Ilustrasi. (mirzavisoko/Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai masalah kesehatan pun rentan dialami jemaah calon haji ketika berada di Tanah Suci. Salah satunya adalah masalah kulit kering. Kondisi kulit kering bisa terjadi akibat cuaca ekstrem yang mencapai 50 derajat celcius dan disertai angin kencang.

Jika dibiarkan, kulit kering bisa menyebabkan kulit pecah-pecah hingga terkelupas sehingga akan muncul rasa nyeri atau perih. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu ibadah Anda.

Untuk mencegah kulit kering selama berada di Tanah suci berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Banyak minum air putih

Sebagian besar jemaah haji sering lupa untuk mengonsumsi lebih banyak air putih. Padahal, dengan cuaca ekstrem di Tanah Suci, tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan cairan dari biasanya agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi juga bisa membahayakan Anda jika sampai menyebabkan heatstroke. Kondisi ini terjadi ketika suhu tubuh memanas tidak hanya dari luar karena paparan cuaca terik, tapi juga dari dalam.

2. Gunakan pelembap

Selama berada di Tanah Suci, usahakan untuk selalu menggunakan pelembap pada kulit, termasuk moisturizer wajah, body lotion, dan lip balm.

Hal tersebut sangat penting untuk menambah kelembapan pada kulit serta menahan penguapan air dari lapisan kulit yang terjadi akibat suhu panas dan kering.

3. Gunakan face mist

Face mist berbentuk air dapat digunakan untuk menambah kelembapan kulit. Produk ini biasanya digunakan dengan menyemprotkan cairan ke wajah dengan jarak 20 cm.

Selain menambah kelembapan kulit, hal ini juga akan membuat kulit terasa lebih segar. Hindari penggunaan face mist yang mengandung alkohol karena justru akan membuat kulit semakin kering dan iritasi.

4. Gunakan sabun yang memiliki pelembap

Ketika akan pergi ke Tanah Suci, usahakan untuk membawa sabun yang tinggi pelembab. Hal ini dapat membantu melembapkan kulit selama berada di lingkungan dengan suhu panas. Hindari penggunaan sabun antiseptik karena justru akan membuat kulit menjadi semakin kering.

5. Hindari mandi dan cuci muka dengan air panas atau hangat

Usahakan mandi dengan air suhu ruangan atau dingin. Sebab, hal ini akan membuat kulit tidak kehilangan banyak air. Terlalu sering atau lama mandi dengan air panas juga akan membuat kulit menjadi semakin kering.

Selain tips di atas, jemaah calon haji juga perlu menambahkan sayur dan buah pada menu makanan sehari-hari. Makanan tersebut juga bisa membantu mencegah kulit kering selama di Tanah Suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES