Ekonomi

Diskoperindag Gresik Cek Timbangan Pedagang Pasar

Senin, 15 Juli 2019 - 18:44 | 76.38k
Petugas saat melakukan pengecekan pada timbangan konvensional milik pedagang Pasar Kota Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Petugas saat melakukan pengecekan pada timbangan konvensional milik pedagang Pasar Kota Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKTimbangan pedagang di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dikalibrasi atau pengecekan kembali agar memperoleh hasil penimbangan yang akurat.

Para petugas dari UPT Metereologi Legal, Diskoperindag Gresik menormalkan kembali timbangan.

Seperti yang terlihat pada Senin (15/7/2019) siang, para petugas melakukan pengecekan pada timbangan milik para pedagang di Pasar Kota Gresik.

Diskoperindag-Gresik-3.jpg

Dari temuan petugas, ada beberapa timbangan milik pedagang sudah berkarat sehingga tidak akurat lagi digunakan untuk menimbang.

Kepala Diskoperindag Agus Budiono mengatakan, kalibrasi timbangan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat agar berat timbangannya sama dari barang yang dibeli.

Dikatakan Agus, ini sangat penting karena biasanya ada pedagang yang masih menggunakan timbangan yang sudah tidak akurat.

"Jadi timbangan milik para pedagang kami cek dan dikalibrasi atau dinormalkan kembali sehingga pembeli benar-benar mendapatkan jumlah timbangan yang tepat," katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Metereologi Legal Nyoman Seten mengungkapkan secara teknis pengecekan ulang timbangan ini berlaku di semua pedagang yang berdagang di pasar se-kabupaten.

Pengecekan itu, dilakukan pada timbangan konvensional yang biasa digunakan pedagang untuk berdagang daging, buah ataupun sayuran.

"Jadi semua pasar kita periksa. Namun bergantian dari pasar ke pasar. Bahkan pasar tingkat kecamatan kami kalibrasi atau dinormalkan," imbuhnya.

Dikatakan Nyoman, setelah dilakukan pengecekan, timbangan pedagang kemudian diberi label dan juga diberi tanda bahwa timbangan sudah layak.

"Usai kita cek kemudian dilanjutkan memberikan tanda atau label bahwa timbangannya sudah normal dan layak pakai," ungkapnya usai mengecek timbangan pedagang di pasar yang diinisiasi oleh Diskoperindag Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES