Pendidikan

Mahasiswa Mancanegara Belajar Arsitektur Rumah Gajah Mungkur di Gresik

Senin, 15 Juli 2019 - 21:12 | 141.34k
Salah satu mahasiswa mancanegara saat mengunjungi rumah gajah mungkur di Kabupaten Gresik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Salah satu mahasiswa mancanegara saat mengunjungi rumah gajah mungkur di Kabupaten Gresik. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKMahasiswa mancanegara mengunjungi kawasan cagar budaya Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mereka belajar arsitektur rumah Gajah Mungkur yang menjadi ikon masyarakat Kota Pudak, Senin (15/7/2019).

Puluhan mahasiswa itu mengunjungi rumah Gajah Mungkur yang terletak di Jalan Nyai Ageng Arem-arem, Kelurahan Pakelingan.

Mahasiswa yang berasal berasal dari China, Taiwan, Thailand, Banglades, Kamboja, Amerika, Vietnam, Hungaria, Polandia, Malaysia itu nampak asyik melakukan kunjungan.

Tak jarang, mereka mengabadikan momen untuk berswafoto dan juga mempelajari arsitektur rumah kuno yang masih terawat dengan baik itu.

“Ini rombongan dari kelas Internasional fokusnya belajar arsitektur di Kampung Kemasan dan Gajah Mungkur," kata Andi Mapajaya ketua rombongan dari Jurusan Departement Arsitektur Insitut Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Dikatakan Andi, alasan mengunjungi rumah Gajah Mungkur untuk melihat arsitektur kuno yang memiliki nilai historis tersendiri. Kegiatan ini juga, tambah dia merupakan bagian dari implementasi program studi Arsitektur dan Culture.

"Karena di sini sebenarnya kampung yang dulunya sangat berjaya. Mereka juga kepingin tahu dan belajar sejarah kita,” ungkap Andi, menambahkan usai memimpin mahasiswa mancanegara berkunjung di rumah Gajah Mungkur di Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES