Peristiwa Daerah

JLS Tahap II di Kabupaten Malang Mulai Digarap

Senin, 15 Juli 2019 - 15:44 | 228.13k
Kondisi terbaru dari JLS tahap II yang mulai dikerjakan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Kondisi terbaru dari JLS tahap II yang mulai dikerjakan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tahap II di Kabupaten Malang yang rencananya tembus hingga Kabupaten Blitar, mulai digarap.

Pantauan TIMES Indonesia awal pekan ini, pengerukan jalan untuk kepentingan JLS di perempatan menuju Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, sudah dilakukan.

Selain itu, tampak ada beberapa pekerja yang melakukan pengukuran jalan. Menurut salah seorang warga sekitar bernama Supriono, pengukuran jalan sudah dilakukan berulang kali.

"Sejak awal bulan Juli ini sudah dilakukan pengerukan tanah di sisi selatan. Selain itu, ada beberapa pekerja yang sering melakukan pengukuran," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, setahunya pengerjaan JLS tahap kedua baru sebatas pengerukan serta pengukuran jalan.

Sedangkan pengecoran maupun pengaspalan jalan belum tampak dilakukan. "Katanya pengerukan itu untuk pelebaran jalan yang disesuaikan dengan JLS tahap satu," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kabupaten Malang, Ir Tomie Herawanto mengatakan pembangunan JLS tahap II dipastikan terialisasi. Setelah ada kesepakatan dari berbagai pihak terkait.

"Untuk pembangunannya tinggal realisasi. Karena tanahnya sudah kami bebaskan. Kewajiban pemerintah daerah adalah membantu pembebasan lahan," terangnya.

Menurutnya, pembangunan JLS tahap II itu masih mengacu pada desain awal. Yakni dengan standart jalan nasional lebar JLS II tersebut antara 7 meter sampai 8 meter.

"Tentunya kondisi pembangunan JLS tahap II disesuaikan dengan tahap pertama. Karena saling berkaitan," ungkapnya.

Masuk kata Tomie, Informasi terakhir berdasarkan hasil rapat BBJN atau Balai Besar Jalan Nasional, sudah dilelang. Sekarang, kementerian sedang menunggu pemenang lelang

"Kalau sekarang sudah dikerjakan, mungkin pemenang lelangnya sudah ada. Karena yang mengurusi balai besar langsung," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, nantinya JLS Tahap II di Kabupaten Malang dibangun mulai dari pertigaan Balekambang, menuju Donomulyo hingga tembus Kabupaten Blitar kurang lebih sepanjang 22 kilometer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES