Ketahanan Informasi

Ini Alasan Kelurahan Bunulrejo Menjadi Sasaran KPM 2019-2 UWG Malang

Ini Alasan Kelurahan Bunulrejo Menjadi Sasaran KPM 2019-2 UWG Malang pelaksanaan program KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) 2019-2. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Senin, 15 Juli 2019 - 14:18

TIMESINDONESIA, MALANG – Masa liburan setelah pelaksanaan UAS (Ujian Akhir Semester) Genap 2018/2019 Kampus Inovasi UWG Malang, diisi dengan pelaksanaan program KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) 2019-2.

Kali ini lokasi yang dipilih di Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing. Peserta KPM yang mayoritas adalah mahasiswa kelas karyawan ini dibagi menjadi 4 kekompok dan ditempatkan di 4 RW terpisah.

Ir. Elik Murni Ningtyas Ningsih, MP, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (Kapus Abdimas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UWG menjelaskan bahwa pemilihan lokasi ini mempertimbangkan banyaknya warga Kelurahan Bunulrejo ini yang melakukan aktifitas IRT/UKM (Industri Rumah Tangga/Usaha Kecil Mikro).

Pembekalan-KPM-UWG.jpg

Ia mengungkapkan sudah beberapa tahun belakangan ini KPM UWG dilakukan secara tematik sesuai dengan potensi lokasi pilihan. Dari hasil studi pendahuluan ternyata di kelurahan ini banyak  terdapat IRT/UKM yang bergerak dibidang tempe, pia, bandana hand made dan lain-lain.
"Dengan membawa mahasiswa program KPM kemari diharapkan masyarakat khususnya kelompok industri menjadi lebih berdaya dan mampu meningkatkan keuntungan dari hasil karyanya," jelas Elik.

Sabtu 13 Juli 2019 kemarin para peserta mengikuti pembekalan dengan beberapa materi utama yaitu Kebijakan KPM UWG, Perencanaan dan Penyusunan  Program, Aplikasi Teknologi Tepat Guna, Penghitungan Ekonomi Usaha dan Etika Pergaulan.

Materi pembekalan tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sukamto, MP, Ir. Elik Murni Ningtyas Ningsih, MP, Dra. Wahju Wulandari, MM dan Ir. Gigih Priyandoko, MT, PhD.

Sementara itu ditunjuk sebagai pembimbing lapangan, untuk mengatasi segala kendala yang ada adalah Arie Restu Wardhani, ST, MT, PhD dan Zainuddin, SE, MM.

Ketua LPPM UWG Malang, Prof. Dr. Ir. Sukamto, MP sangat mengharapkan bahwa para mahasiswa peserta mampu mendorong masyarakt untuk lebih kreatif dan dari kreatifitas tersebut akan berdampak pada meningkatnya keberdayaan dan produktifitas masyarakat. (*)

Jurnalis : Santoso (CR-058)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration