Peristiwa - Daerah

Diskreditkan Garuda Indonesia, GMNI: Nasionalisme Youtuber Rius Patut Dipertanyakan

Diskreditkan Garuda Indonesia, GMNI: Nasionalisme Youtuber Rius Patut Dipertanyakan Youtuber Rius Vernandes. (FOTO: Istimewa)
Senin, 15 Juli 2019 - 09:33

TIMESINDONESIA, JAKARTAGMNI menilai, jiwa nasionalisme Youtuber bernama, Rius Vernandes sepatutnya dipertanyakan karena terkesan lebih mengagungkan maskapai penerbangan Singapura, Singapore Airlines (SQ) dan menjelek-jelekkan maskapai kebanggaan nasional, Garuda Indonesia melalui akun Instagramnya. 

Hal itu terjadi saat Rius melakukan penerbangan dari Sydney, Australia menuju Denpasar, Indonesia. "Apakah Rius memang sengaja dihire SQ untuk menyudutkan Garuda Indonesia? Karena dari informasi, pacar yang bersangkutan memang bekerja di SQ," ujar Sekjen DPP GMNI, Clance Teddy, Minggu (14/7/2019).

"Tak hanya itu, Rius kabarnya juga kerap mempunyai project bersama dengan SQ. Silakan jika Anda mau jadi Youtuber atau kerja sama dengan pihak tertentu, tapi jangan hina bangsa sendiri," imbuh Clance Teddy.

Menurut Teddy, tindakan Rius berpotensi melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Khususnya, Pasal 27 ayat 3. 

"Saya tak bisa tinggal diam melihat kelakuan Rius ini. Saya berencana melaporkan yang bersangkutan ke pihak kepolisian. Saya berharap pihak kepolisian mengusut motif Rius menyudutkan Garuda Indonesia. Sebab tampaknya ada upaya sistematis menyerang Garuda Indonesia lewat konten yang sengaja dibuat, tidak sesuai dengan fakta," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mendesak Rius Vernandes segera meminta maaf secara terbuka, karena mendiskreditkan Garuda Indonesia. Clance Teddy berharap agar peristiwa itu tidak terulang kembali atau dilakukan oleh Youtuber lain. 

"Tidak hanya kepada Garuda Indonesia, melainkan setiap simbol nasional. Generasi muda tentu perlu berkreasi, namun semangat nasionalisme wajib dijaga dan dijunjung tinggi." tandas Clance Teddy, Sekjen GMNI menanggapi tindakan Youtuber bernama Rius Vernandes.

Sebagai informasi, akun @rius.vernandes pada Sabtu (13/7/2019) malam membagikan foto daftar menu makanan di kelas bisnis Garuda Indonesia yang ditulis tangan.

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam percetakan Pak," tulisnya. Postingan ini menjadi viral di instagram. (*) 

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration