Sabtu, 21 September 2019
Gaya Hidup

Dokter: Cegah Diabetes dan Waspadai Gorengan

Dokter: Cegah Diabetes dan Waspadai Gorengan Dokter bagian penyakit dalam RSUP dr. Sardjito dr. Dandy Firmansyah. (FOTO: Soni Haryono/TIMES Indonesia)
Minggu, 14 Juli 2019 - 19:02

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTADokter bagian penyakit dalam RSUP dr. Sardjito dr. Dandy Firmansyah mengatakan masyarakat sebenarnya memiliki passion besar terhadap dunia kesehatan. Terutama mereka yang gemar mengonsumsi makanan gorengan.

Namun, seringkali informasi yang mereka terima amat minim. Sehingga banyak yang tak paham dan bingung harus berbuat apa untuk menjaga kesehatannya.

Hal ini terlihat dari antusiasme warga saat berbondong bondong mengikuti senam dan pemeriksaan gula darah gratis dalam event Tropicana Slim #BeatDiabetes di Yogyakarta Minggu (14/7/2019).

"Minat warga soal kesehatan tinggi tapi yang memberi edukasi pada mereka sedikit," ujar Dandy di sela memeriksa warga dalam acara itu.

Misalnya, warga tak banyak tahu tensi harus berapa, kadar gula harus berapa, pencegahannya bagaimana, sampai komplikasi yang akan terjadi apa. "Informasi dan edukasi tentang diet yang baik dan benar itu perlu digencarkan," ujarnya.

Seperti penyakit diabetes. Selama ini disebabkan pola gaya hidup tak sehat. Misalnya, selalu minum minuman manis. Sebab, rasa manis akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Cara mencegahnya yang bisa dilakukan dengan mengurangi minum manis atau tidak minum manis.

Namun kebiasaan ini sulit. Terlebih jika menyangkut tradisi. Seperti di Jawa yang gemar minum manis dan juga gorengan. Gorengan akan meningkatkan berat badan. Saat berat badan naik tubuh akan resisten terhadap insulin.

"Kalau kurangi gorengan, tubuh kecil otomatis insulin mudah masuk dan mengurangi resiko penyakit gula," ujarnya.

Untuk menyiasatinya, terutama minuman manis, Dandy menyarankan dengan cara minum manis tapi yang kalorinya sedikit. "Jadi, hindari makanan goreng-gorengan," terang dokter yang praktik di RSUP Sardjito ini. (*)

Jurnalis : Soni Haryono (MG-88)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration