Peristiwa - Daerah

Sate Panjang 3 Meter Jadi Penanda Festival Sate Ayam Setono Ponorogo

Sate Panjang 3 Meter Jadi Penanda Festival Sate Ayam Setono Ponorogo Bupati Ponorogo bersama Ibu Ipong Muchlissoni mencicipi sate ayam Setono Ponorogo Jawa Timu. (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Minggu, 14 Juli 2019 - 15:48

TIMESINDONESIA, PONOROGOFestival Sate Ayam Setono Ponorogo disambut hangat masyarakat. Sate ayam  yang berjumlah ribuan ttusuk disuguhkan gratis kepada para pengunjung yang memadati lokas festival di jalan Barito Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (14/7/2019). Tak hanya itu, kehadiran sate raksasa dengan panjang 3 meter membuat festival ini terasa unik dan menarik.

Acara kali ini digelar bersama 50 orang anggota pedangang sate ayam di Kelurahan Setono dengan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.  Kegiatan ini juga menjadi ajang pemecahan rekor sate ayam terbesar dan terpanjang, yakni panjang 3 meter.  Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan 2500 lontong, 2019 tusuk sate Ayam

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengapreasikan acara ini. Menurutnya, festival sate dapat mendorong program Tahun Wisata Ponorogo 2019. "Sate ayam Ponorogo punya rasa khas tersendiri dengan rasa pedas. Acara ini baagus untuk menambah destinasi wisata di Ponorogo," ungkapnya.

Ipong menambahkan, jumlah wisatawan yang datang ke Ponorogo meningkat 3 kali lipat dari tahun 2018. Hingga bulan Juni 2019, sudah ada 481 ribu wisatawan yang datang ke bumi Reog per bulan Juni 2019. "Target tahun 2019 1 juta wisata yang datang di Ponroogo," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Sate Setono Samsul Hidayat menjelaskan sate ayam Setono Ponorogo berdiri sejak tahun 1878.  Menurutnya, sate sentono memiliki ciri khas rasa yang berbeda dengan kuliner-kuliner sejenis di kota lainnya. "Sate ayam Setono ini kuliner yang telah turun temurun. Bisa di katakan mencapai 3 turunan," ucapnya.

Meski berasal dari Ponorogo, sate Setono bisa ditemui di beberapa kota. 

"Pejual Sate Ayam Setono tidak hanya di Ponorogo saja melainkan ada di Madiun juga Pacitan dan harga per 10 tusuknya kita sama ratakan," katanya.

Samsul berharap Festival Sate Ayam Setono Ponorogo bisa membuat Kelurahan Setono menjadi kampung sate  dan menjadi destinasi wisata kuliner di Ponorogo. Terlebih lokasinya berdekatan dengan wisata religi Makam Batoro Katong. (*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration