Peristiwa - Daerah

Gubernur NTT Puji Kemeriahan Festival Sandalwood

Gubernur NTT Puji Kemeriahan Festival Sandalwood Parade 1001 ekor kuda dalam festival sandalwood di Sumba Timur. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)
Minggu, 14 Juli 2019 - 14:25

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat memuji kemeriahan festival Sandalwood dan expo tenun ikat Sumba 2019 yang digelar pada 11-12 Juli 2019 lalu di Kabupaten Sumba Timur NTT.

Gubernur Laiskodat melalui Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Kabupaten Sumba Timur Yudi Umbu T.T Rawambaku, Minggu (14/7/2019) menyampaikan, pelaksanaan festival sandalwood dan expo tenun ikat pada tahun mendatang akan lebih spektakuler.

“Tahun depan buatlah event yang lebih spektakuler dengan menyiapkan 5000 ekor kuda sandel dan penunggangnya serta 2020 perajin tenun ikat Sumba dan 2020 penari tarian kolosal,” kata Gubernur Laiskodat.

festival-sandalwood-b.jpg

Ia ingin menjadikan pulau Sumba khususnya Sumba Timur sebagai tempat untuk event yang luar biasa. Namun Gubernur mengingatkan masyarakat dan pengunjung harus menjaga kebersihan lingkungan dan harus bebas dari sampah.

“Festival sandalwood dan expo tenun ikat Sumba yang digelar itu sudah dilaksanakan dengan semarak dalam balutan budaya Sumba khususnya Kabupaten Sumba Timur ini tentunya menjadi kebanggaan kita semua dalam nuansa 100 kalender event Indonesia Sumba,” ujarnya.

Menurutnya, melalui acara itu, masyarakat dapat berinteraksi langsung dan bertransaksi dalam berbagai hal. 

“Ini tentu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Kabupaten Sumba Timur Yudi Umbu T.T Rawambaku menambahkan, transaksi selama expo mencapai Rp 150 juta dalam jangka waktu dua hari sedangkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dalam kunjungan festival itu sebanyak 385 orang selama dua hari festival Sandalwood.(*)

Jurnalis : Moh Habibudin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Sumba

Komentar

Registration