Ekonomi

Dukung Puskud Jatim, Poktan Kopi Amstirdam Siap Wujudkan Jatim The Paradise of Coffee

Minggu, 14 Juli 2019 - 10:35 | 88.93k
Para petani yang tergabung dalam Poktan Kopi Dampit saat berdialog dengan Puskud  Jatim beberapa waktu lalu. (foto: TIMES indonesia network)
Para petani yang tergabung dalam Poktan Kopi Dampit saat berdialog dengan Puskud Jatim beberapa waktu lalu. (foto: TIMES indonesia network)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dukungan ke Puskud Jatim mewujudkan komitmen mengembangkan agritech Jatim terus mengalir. Khusus untuk sektor perkopian, Kelompok Tani (Poktan) Kopi Amstirdam siap meramaikan kembali pabrik pengolahan kopi basah yang mereka sebut Gudang Gus Dur di Dampit, Kabupaten Malang. Ini juga sebagai wujud merealisasikan Jatim The Paradise of Coffee.

Ketua Poktan Kopi Amstirdam Haji Yadi dalam dialog dengan TIMES Indonesia beberapa waktu lalu mengatakan bahwa kopi robusta Amstirdam akan bisa kembali berjaya. Karenanya ia dan kelompok tani lain sangat mendukung Puskud Jatim kembali terjun ke sektor perkopian. 

’’Kami para petani kopi di Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit atau se Amstirdam, sangat mendukung komitmen Puskud Jatim ini,’’ ujar Yadi saat berdialog di Gudang Kopi Gus Dur beberapa waktu lalu.

Para-petani-yang-tergabung-dalam-Poktan-Kopi-Dampit-b.jpg

Diketahui, Kopi Amstirdam merupakan kopi produksi petani di Kecamatan Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit. Keempat kecamatan ini disingkat menjadi Amstirdam. 

Kecamatan-kecamatan ini dikenal sebagai penghasil kopi Robusta terbaik di dunia. Kopi dari empat kecamatan ini berjenis kopi Robusta dan Arabika. Lahannya mencapai ratusan ribu hektare.    

Direktur Utama Puskud Jatim Ir. H Abdul Wahid Nur mengungkapkan, beberapa tahun lalu ia telah memproduksi kopi Amstirdam ini dalam jumlah besar. Per minggu bisa menghasilkan 800 ton kopi ose. Permintaan pun besar sekali untuk jenis Robusta.

Karenanya mulai tahun ini akan digenjot lagi untuk Kopi Amstirdam ini. ’’Juli dan Agustus ini panen raya. Diperkirakan puluhan ribu ton kopi akan dihasilkan dari Amstirdam ini. Belum lagi dari daerah lain di Jatim dari jenis Robusta dan Arabika. Semuanya bisa diproduksi di Gudang Kopi Gus Dur di Dampit dan Pakisaji,’’ ujar Abah Nur.

Karenanya ia sangat senang dengan dukungan Pokta Kopi Amstirdam yang akan mensupport penuh Puskud Jatim. Khususnya dalam berkontribusi pada Jawa Timur dengan Jatim The Paradise of Coffee ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES