Peristiwa Daerah

Pemkab Jember Targetkan Dua Ribu RTLH Direnovasi Tahun Ini

Sabtu, 13 Juli 2019 - 14:25 | 56.79k
Bupati Jember dr Faida saat mengunjungi salah satu rumah warga yang tidak layak huni di Desa Randuagung, Sabtu (13/7/2019). (foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
Bupati Jember dr Faida saat mengunjungi salah satu rumah warga yang tidak layak huni di Desa Randuagung, Sabtu (13/7/2019). (foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERPemkab Jember berupaya menurunkan jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang tercatat mencapai 95 ribu dari 2,6 juta jiwa penduduk Jember. Perbaikan ini dianggarkan dalam APBD Kabupaten Jember setiap tahun.

“Tahun ini ditargetkan paling sedikit dua ribu rumah bisa diselesaikan," terang Bupati Jember dr Faida, Sabtu (13/7/2019) di sela-sela meninjau RTLH milik warga Desa Randuagung, Kecamatan Sumberjambe.

Di Desa Randuagung, jelas Faida, ada sekitar 150 rumah milik warga yang mendapat giliran untuk peningkatan kualitas RTLH. Jumlah ini merupakan tambahan setelah 91 rumah yang telah selesai diperbaiki pada tahun lalu. Anggaran tiap rumah rata-rata Rp 17,5 juta.

Bupati-Jember-Faida-a.jpg

“Hebatnya di desa ini, warga masih aktif melengkapi rumah yang tahun lalu sudah dibangun dengan dilukis, sehingga lebih indah," ungkapnya.

Selain itu, menurut bupati, pemuda setempat yang menjadi relawan sangat aktif berperan membantu program pemerintah. Untuk peran mereka ini, bupati akan membuat satuan tugas di masing-masing desa.

“Sehingga akses membantu kades, camat, dan bupati melalui progam-program dinas bisa lebih cepat," tuturnya.

Terkait kriteria rumah yang mendapat prioritas perbaikan, Faida menyebut rumah tersebut berlantai tanah, dinding dari bambu, dan penghasilan keluarga pemilik rumah tidak lebih dari Rp 600 ribu per bulan.

Ibu See, pemilik rumah yang diperbaiki mengungkapkan rasa syukurnya. “Terima kasih kepada Bupati Faida, atas bantuan pemerintah sehingga rumah saya bisa diperbaiki,” ujarnya.

Bupati-Jember-Faida-b.jpg

Ia mengaku rumahnya dulu dulu jelek dan bocor. Sekarang, ia berharap mempunya kamar mandi.

Mukhlis, warga yang rumahnya juga diperbaiki, menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati atas program pemerintah ini. 

"Program ini sangat membantu masyarakat yang tidak mampu. Berharap ke depannya sekolah-sekolah di sekitar Sumberjambe ini dapat diperbaiki," ujarnya.

Tentang kunjungannya ke rumah-rumah warga di Desa Randuagung, Bupati Faida mengaku juga sebagai upaya survei lapangan untuk menemukan masalah-masalah di masyarakat.

"Di Randuagung juga perlu untuk sanitasi lingkungan, karena masih banyak warga yang mandi di sungai. Sebagian memerlukan listrik desa, dan adanya janda yang belum mendapatkan bantuan PKH," urainya.

Dalam kesempatan kunjunganya ini, Pemkab Jember memberikan bantuan alat tulis kepada anak-anak yang akan masuk sekolah 15 Juli nanti. Bupati Faida juga membagikan sembako kepada warga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES