Jum'at, 15 November 2019
Peristiwa - Daerah

Kesenian Gembrungan Turut Meramaikan Festival Madioen Tempo Doeloe

Kesenian Gembrungan Turut Meramaikan Festival Madioen Tempo Doeloe Penampilan grup Gendrung At-Taqwa Dalam Festival Madioen Tempo Doeloe. (Foto: Moch.Al-Zein/TIMES Indonesia)
Sabtu, 13 Juli 2019 - 12:38

TIMESINDONESIA, MADIUNGembrungan adalah salah satu kesenian kuno yang sudah jarang ditemui. Kesenian yang lazimnya dimainkan oleh orang-orang lanjut usia ini turut meramaikan Festival Madioen Tempo Doeloe yang digelar pada tanggal 12-14 Juli 2019 di Area Bosbow Jalan Diponegoro, Kota Madiun, Jawa Timur.

Ahmad Danang, Ketua Grup Gendrung At-Taqwa Kelurahan Winongo Kota Madiun menjelaskan, saat ini gembrung semakin mengalami peningkatan khususnya di Kota Madiun.

Kesenian-Gembrungan.jpg

"Saat ini beberapa grup musik gembrung kembali diberdayakan oleh Pemerintah Kota Madiun sehingga grup-grup yang sudah punah kini bisa kembali lagi", tutur Ahmad Danang, Ketua Grup Gendrung At-Taqwa.

Danang menjelaskan bahwa Gembrungan ini hanya terdiri dari beberapa alat musik. Gembrung ini terdiri dari dua terbang besar, satu kentrung, satu tuntung, dan satu kendang. "Dan yang kami bawakan tadi adalah khataman nabi yang menceritakan saat Nabi Muhammad mendapatkan perintah sholat oleh Allah S.W.T," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Madiun dalam rangkaian Hari Jadi Kota Madiun ke-101 mengadakan Festival Madioen Tempo Doeloe. Festival ini menyajikan berbagai barang antik, foto-foto Madiun tempo dulu, pagelaran seni, dan Festival Kuliner Nusantara. (*)

Jurnalis : M Al Zein (MG-190)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Cilacap

Komentar

Registration