Gaya Hidup

Jangan Sepelekan, Kurang Tidur Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak

Jangan Sepelekan, Kurang Tidur Berdampak pada Tumbuh Kembang Anak ILUSTRASI - Dampak buruk kurang tidur pada Anak. (FOTO: Istimewa)
Sabtu, 13 Juli 2019 - 03:14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan anak. Sayangnya, tidak sedikit anak yang ternyata kurang jam tidurnya. Meski terkesan sepele, kurang tidur bisa berdampak sangat besar terhadap proses belajar, tumbuh kembang anak dan masa depannya.

Saat anak tidak cukup waktu tidurnya, ada dua fase yang sangat mugkin bisa terganggu. Dalam jangka panjang, kesehatan tubuh dan juga pertumbuhan otaknya dapat terpengaruh. Tidak badan jadi mudah lelah, namun prestasi belajar anak juga akan jadi taruhannya.

Sebuah studi membuktikan bahwa anak-anak yang kurang jam tidurnya cenderung memiliki mood yang tidak stabil, mudah marah, sulit konsentrasi ketika melakukan sesuatu dan mengalami penurunan kemampuan belajar ketika di sekolah.

Tidak hanya untuk saat ini, kemampuan belajarnya bertahun-tahun ke depan juga bisa ikut terpengaruh.

Penelitian yang dipublikasi di Journal Academic Pediatrics ini menunjukkan bahwa gangguan belajar, mengingat dan analisa pada anak usia sekolah dasar dapat disebabkan oleh kurangnya jam tidur saat anak masih berusia balita. Jadi, jangan pernah menyepelekan dampak kurang tidur anak. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration