Peristiwa Daerah

Petrokimia Gresik Kembangkan Riset Pupuk Florikultura

Jumat, 12 Juli 2019 - 19:17 | 111.86k
Direktur utama PT Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi saat membubuhkan tandatangan saat peluncuran produk baru di Kompartemen Riset PG (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Direktur utama PT Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi saat membubuhkan tandatangan saat peluncuran produk baru di Kompartemen Riset PG (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKPetrokimia Gresik terus melakukan riset untuk memberikan solusi bagi agroindustri di Indonesia. Kali ini, perusahaan ini mengembangkan riset pupuk florikultura atau yaitu cabang holtikultura bergerak di bidang budidaya tanaman hias.

Pengembangan pupuk ini dimulai dari beberapa formulasi yang diujikan ke tanaman bunga diantaranya melati, mawar dan lain sebagainya.

Direktur utama PT Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengungkapkan, untuk tahun ini perseroan sedang melakukan riset pupuk khusus budidaya tanaman hias.

Hal itu penting, sebab dikatakan dia, belum ada produsen yang fokus mengembangkan pupuk untuk tanaman hias. Tahap awal pengembangan dilaksanakan di rumah kaca milik Kompartemen Riset Petrokimia Gresik.

"Riset adalah komponen penting untuk memenangi persingan. Pondasi bagi kita untuk selalu menguasai pasar, dan untuk tahun ini kita fokus riset pupuk khusus budidaya tanaman hias," kata Rahmad di sela-sela pembukaan acara Petro Agrifood Expo, Jumat (12/7/2019).

Dikatakan Rahmad, potensi menguasai pasar akan berhasil jika riset ini berhasil dan menghasilkan suatu produk. Sebab, pupuk yang dikembangkan akan fokus terhadap satu jenis atau niche market.

Salah satu contohnya adalah potensi untuk digarap adalah sektor tanaman melati. Pendapatan dari budidaya melati dengan luas lahan hektare selama setahun bisa mencapai 1 miliar.

"Pupuk florikultura nantinya menjadi salah satu produk kami untuk penetrasi ke nice market," imbuh Dirut Petrokimia Gresik ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES