Peristiwa - Daerah

Mayoritas JCH Indonesia Asal Kabupaten Malang Masuk Kategori Resiko Tinggi

Mayoritas JCH Indonesia Asal Kabupaten Malang Masuk Kategori Resiko Tinggi Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM saat menyalami perwakilan JCH saat pemberangkatan. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 18:17

TIMESINDONESIA, MALANG – Kemenag Kabupaten Malang menyebut, bahwasanya mayoritas Jemaah Calon Haji Kabupaten Malang (JCH Kabupaten Malang) di wilayah tersebut masuk kategori resiko tinggi (risti).

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta'in MAg usai pemberangkatan JCH di depan Stadion Kanjuruhan, Jumat (12/7/2019).

Dia menyebut, dari 2.278 jumlah JCH Kabupaten Malang, sebanyak 1.157 jamaah masuk kategori risti. Sehingga, JCH katagori risti diimbau untuk tidak memaksakan diri saat di Tanah Suci.

"Katagori risti yang merupakan usia 60 tahun ke atas dan rentan terhadap penyakit," ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Dr H Musta'in MAg, kepada TIMES Indonesia.

Apalagi kata dia, saat ini suhu di Arab Saudi dilaporkan sangat panas. Maka dari itu, dia mengimbau kepada seluruh JCH kategori risti supaya tidak memaksakan diri saat beribadah.

"Kami imbau kepada seluruh jamaah juga membawa bekal berupa obat-obatan. Supaya saat merasa sakit, bisa mendapatkan penanganan awal berupa obat tersebut," katanya.

Dia juga mengimbau agar seluruh JCH yang sudah lansia maupun yang masih muda agar terus menjaga kondisi tubuh selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

"Jangan sungkan untuk meminta tolong kepada ketua kelompok atau petugas ibadah haji, apabila merasa tubuh tidak sehat," tuturnya.

Pihaknya juga telah menyiagakan tim medis serta obat-obatan bagi seluruh JCH selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

"Kami telah menyiagakan petugas medis terdiri dokter serta perawat untuk membantu permasalahan kesehatan bagi JCH Kabupaten Malang," tuturnya. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration