Peristiwa - Daerah

The Jokowi Center Sebut Kehadiran Tol Laut di Aceh Peluang Emas Pengusaha

The Jokowi Center Sebut Kehadiran Tol Laut di Aceh Peluang Emas Pengusaha membawa komoditi dari dan ke Aceh (FOTO: Isitimewa)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 17:33

TIMESINDONESIA, JAKARTAThe Jokowi Center menilai kehadiran tol laut di Aceh merupakan bukti Presiden Jokowi tak membeda-bedakan daerah usai Pilpres 2019.

Pasalnya, Aceh merupakan daerah di mana paslon 01 itu kalah telak dengan perolehan suara hanya 14 persen.

"Walaupun kalah di Aceh, Jokowi mengirim kapal Pelni untuk menjalankan amanah tol laut dengan membawa komoditi dari dan ke Aceh," ujar Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus dalam keterangannya, Jumat (12/7/2019).

Alih-alih membedakan, Neta justru menyebut kehadiran tol laut tersebut sebagai peluang emas bagi para pengusaha dan pelaku UKM setempat.

“The Jokowi Center mengapreasi kepada Pelni yang mendapat penugasan tol laut rute T-1 Belawan-Lokseumawe-Malahayati-Sabang, dan Tapaktuan. Semoga pengusaha bisa menggunakan kehadiran tol laut ini dengan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penugasan ini dapat membangun konektivitas jalur laut dari Belawan ke pulau terdepan Indonesia, yakni Sabang. Di mana menurut data yang ia peroleh, penugasan rute T-1 ini dilayari oleh KM. Caraka Jaya Niaga III-32 berkapasitas 115 kontainer.

"Kapal buatan dalam negeri ini telah disiapkan di Belawan, Sumatera Utara dan siap memfasilitasi para pengusaha dari Sumatera Utara dan pengusaha Aceh yang akan mengirim barang dari Belawan, Malahayati, hingga ke Sabang secara langsung," jelas dia.

Oleh karenanya, Neta kemudian menantang para pengusaha tersebut untuk memaksimalkan penggunaan kapal tol laut yang telah disediakan pemerintah sebagai peluang emas yang harus direbut dan dioptimalkan.

Terlebih, pengiriman barang-barang melalui tol laut di Aceh ini sebutnya, akan menekan biaya pengiriman sehingga harga barang bisa bersaing dengan produk lain.

“Ada yang bilang barang-barang di Aceh mahal karena diangkut dengan truk dari Medan. Akibatnya, harga jual mahal. Kini dengan tol laut di Aceh, biaya pengiriman bisa ditekan. Transportasi laut adalah termurah di dunia,” ucap Direktur Eksekutif The Jokowi Center. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration