Peristiwa - Daerah

Musim Kemarau, Polres Tuban Salurkan Air Bersih 

Musim Kemarau, Polres Tuban Salurkan Air Bersih  Kedatangan mobil tangki bantuan air diserbu warga Dusun Randubanjar, Desa Sambungrejo, Kecamatan Semanding, Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony Jum'at, (12/7/2019). (FOTO: Heru Widi/TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 17:27

TIMESINDONESIA, TUBAN – Dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara, Polres Tuban menyalurkan lima tangki air bersih ke Warga Dusun Randubanjar, Desa Sambungrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, kota yang populer disebut Tuban Bumi Wali, The Spirit Of Harmony, Jum'at (12/7/2019).

Bantuan langsung diserahkan oleh Kapolres Tuban AKBP Nanang Hariyono, di dampingi Perhutani, Polsek, Koramil dan Forkopimca Kecamatan Semanding. Kedatangan air ramai diserbu warga dengan membawa ember, jirigen, bak, gentong.

Rustam (55) salah seorang warga mengatakan jika sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan air, sebagian warga harus menempuh jarak cukup jauh untuk mengambil air dari sumur. Sedangkan sebagian warga yang lain lebih memilih membeli air seharga 5 ribu per pikul (sekitar 30 liter).

air-diserbu2.jpg

Ia juga mengatakan jika dengan adanya bantuan dari Polres Tuban tersebut sangat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

"Ya biasanya ambil disumur yang ada didesa, tapi jaraknya cukup cukup jauh. Sebagian warga juga ada yang beli, harganya 5 ribu per pikul. Jadi kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan," kata Rustam.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana (BPBD), Kabupaten Tuban termasuk dalam kategori tiga kabuputen terdampak kekeringan paling parah selain Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Pacitan. Dan kecamatan Semanding termasuk salah satu wilayah langganan kekeringan.

Selain membagikan air bersih Kapolres Tuban juga turut memberikan bantuan berupa uang kepada beberapa warga, termasuk salah seorang warga dusun yang mengalami kelumpuhan sejak 10 tahun yang lalu.

Dalam keteranganya, Kapolres Tuban, menyampaikan jika kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian sosial sekaligus rangkaian peringatan hari Bhayangkara.

"Ini salah satu bentuk kepedulian Polres Tuban terhadap warga Tuban Bumi Wali yang mengalami kelangkaan air bersih. Sekaligus masuk bakti sosial dalam rangkaian peringatan hari Bhayangkara. Rencananya juga masih ada beberapa desa yang akan kita kirim air bersih," pungkasnya. (*)

Jurnalis : Heru Widi (MG-194)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Loading...
Registration