Peristiwa - Daerah

Aplikasi Brexit Kota Malang Masuk Top 99 Inovasi Kementrian PAN-RB

Aplikasi Brexit Kota Malang Masuk Top 99 Inovasi Kementrian PAN-RB Wali Kota Malang, Sutiaji memaparkan inovasi Brexit.(foto: Humas Pemkot Malang)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 16:49

TIMESINDONESIA, MALANGKota Malang kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, inovasi Braille E Ticket And Extraordinary Access for Visual Disabilities (Brexit) berhasil menembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB RI).

Wali Kota Malang, Sutiaji menyebutkan, masuk dalam jajaran Top 99 ini merupakan kebanggan tersendiri bagi Kota Malang. Sebab, inovasi telah menyisihkan lebih dari 3 ribu inovasi dari daerah 300 daerah lainnya.

"Ini menjadi komitmen Pemerintah Kota untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dan membangun budaya inovasi berjalan baik di institusi pemerintah kota Malang," kata Sutiaji, Jumat (12/7/2019), di Kantor Kementerian PAN-RB RI.

Walikota-MAlang.jpg

Suriani menyebutkan bahwa pihaknya juga mengapresiasi inovator dalam hal ini Puskesmas Janti dan Dinas Kesehatan Kota Malang serta bagian Organisasi selaku pendamping. Ia menilai bahwa inovasi Brexit memberikan langkah terobosan kemudahan pelayanan kepada kelompok disabilitas tuna netra.

"Ada lebih 150 saudara saudara kita tuna netra yang menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Janti, yang selama ini selalu dipandu pendamping untuk berkomunikasi dengan petugas," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa dengan Brexit, para penyandang tuna netra bisa secara mandiri dari masuk Puskesmas, mendaftarkan untuk pemeriksaan, hingga pengambilan obat hingga membaca tutorial resep obat. Pada setiap counter layanan juga telah disediakan media bantu komunikasi braille.(*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration