Peristiwa - Nasional Info Haji 2019

Pandu JCH Indonesia di Makkah, Pos Bantuan Disiagakan di 6 Titik Berikut

Pandu JCH Indonesia di Makkah, Pos Bantuan Disiagakan di 6 Titik Berikut Jemaah Indonesia tak perlu panik saat tak tahu arah di Makkah (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 15:28

FOKUS BERITA

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Jelang masuknya jemaah calon haji atau JCH Indonesia ke Makkah pada 15 Juli 2019 mendatang, petugas sektor khusus Masjidil Haram sudah menyiapkan enam titik pos bantuan yang akan memandu jemaah agar tidak tersesat.

"Keberadaan sektor khusus di Masjidil Haram ini untuk mengantisipasi jemaah pisah rombongan usai melaksanakan umrah wajib yang biasanya mereka lakukan di awal kedatangan ke Makkah," ucap Kabid Perlindungan Jemaah PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis.

Menurutnya, bagi jemaah haji Indonesia yang baru pertama kali datang ke Masjidil Haram dan terpisah rombongan, tidak perlu panik. Mereka cukup mengarah ke enam titik yang ada dalam dan luar Masjidil Haram untuk bertemu dengan petugas haji Indonesia.

Titik pengawasan pertama yang berada di dalam Masjidil Haram adalah di area dekat Hijr Ismail. "Bisa juga patokannya tulisan besar berwarna coklat bertulis ‘Baabul Umrah’. Petugas akan ditempatkan di sini. Ini kita sebut sebagai Pos 5," papar Jaetul.

Titik kedua berada di pintu menuju tempat sai atau dikenal dengan Masaa. Ini menjadi Pos 2 Sektor Khusus Haram.  Usai tawaf, jemaah biasanya akan mengarah ke pintu ini untuk melaksanakan sai. "Bila bingung akan mengarah ke mana, temui mereka yang berseragam petugas haji Indonesia di titik ini, dan mereka akan segera membantu," pesannya.

Sedangkan, empat titik lain disiapkan di luar Masjidil Haram. Pertama, di pintu keluar marwah yang menjadi pintu berakhirnya Sai. "Ini kita sebut sebagai pos 1 Haram. Di sini biasanya jadi titik akhir jemaah usai melaksanakan rangkaian umrah," lanjutnya.

Sementara tiga titik lainnya adalah di depan Darul Arqam, di depan zam-zam tower, serta di depan hotel Dar Al Tawhid. Jika JCH Indonesia mengalami kebingungan, petugas di pos ini nantinya akan mengarahkan mereka kepada jalan terdekat menuju pemondokan. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

Komentar

Loading...
Registration