Peristiwa - Nasional Info Haji 2019

Hindari Kejahatan, JCH Indonesia Diimbau Tak Berlebihan Bawa Uang

Hindari Kejahatan, JCH Indonesia Diimbau Tak Berlebihan Bawa Uang Ilustrasi jemaah haji (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 13:45

FOKUS BERITA

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Jemaah calon haji atau JCH Indonesia diimbau tak uang dalam jumlah berlebihan saat hendak beribadah ke Masjid Nabawi. Hal itu dimaksudkan demi menghindari aksi kejahatan yang tidak dikehendaki.

Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada jemaah sebelum mereka tiba di Madinah, utamanya bagaimana jemaah bisa melakukan pengamanan diri, menjaga barang-barang secara mandiri.

"Jangan kemudian jemaah merasa bahwa di tanah suci tidak ada praktik kejahatan. Yang namanya kejahatan itu di mana pun ada, termasuk di Masjid Nabawi, apalagi di tengah kerumunan orang banyak, potensi itu selalu ada," ujarnya.

Begitu juga dengan perhiasan, ia mengimbau jemaah haji agar tidak menggunakan perhiasan yang mengundang terjadinya kejahatan. "Lebih baik, perhiasannya disimpan saja," pungkasnya.

Ia juga mengimbau jemaah tak mudah percaya pada orang yang belum dikenal, kecuali petugas dibekali seragam dan menggunakan tanda pengenal (ID card). "Atribut ID card ini harus selalu melekat di petugas, kalau ada orang yang memakai pakaian seragam tapi tidak pakai atribut perlu diwaspadai," imbaunya.

Selain itu, JCH Indonesia juga diimbau agar selalu waspada ketika ada seseorang menawarkan jasa penitipan barang. Jemaah pun disarankan tidak keluar hotel sendirian. "Ketika sendirian, akan menjadi sasaran orang-orang yang akan melakukan niat jahat," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

Komentar

Loading...
Registration