Peristiwa Nasional Info Haji 2019

Pemerintah Pastikan Konsumsi Makanan Bergizi untuk JCH Indonesia

Jumat, 12 Juli 2019 - 08:07 | 66.65k
Petugas menunjukkan contoh menu makanan bergizi yang diperuntukkan JCH Indonesia selama di Madinah (FOTO: Istimewa)
Petugas menunjukkan contoh menu makanan bergizi yang diperuntukkan JCH Indonesia selama di Madinah (FOTO: Istimewa)
FOKUS

Info Haji 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain meningkatkan pelayanan transportasi JCH Indonesia (Jemaah Calon Haji Indonesia), pemerintah juga memperhatikan konsumsi makanan baik kuantitas maupun pemenuhan gizi khususnya di Madinah.

JCH Indonesia akan mendapatkan makan 18 kali selama delapan hari yang pemberiannya dilaksanakan dua kali, siang dan malam. Menu makanan yang disajikan untuk JCH Indonesia ini juga telah dikonsultasikan dengan tim dari Kementerian Kesehatan.

Kepala Seksi Katering Madinah, Dewi Gustikarini, Kamis (11/7/2019) menjelaskan, variasi menunya dalam delapan hari itu meliputi ikan 5 kali, ayam 4 kali, daging 3 dan 2 telur. "Itu lauknya, kemudian masih ada nasi dan sayur," katanya.

Makanan-Sehat-JCH.jpg

Dewi juga memastikan seluruh menu makanan jemaah calon haji sudah mengacu pada nilai gizi untuk memenuhi nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya.

Bahkan di luar makanan tersebut, lanjut Dewi, JCH Indonesia juga mendapatkan paket coffee shop. Paket ini terdiri dari kopi, teh, gula, kecap, dan saos, serta alat makan. Paket tersebut diberikan sekali untuk konsumsi selama jemaah di Madinah.

Dewi juga mengimbau agar JCH Indonesia memperhatikan waktu konsumsi makanan yang diberikan agar nilai nutrisi tetap terjaga.

Pendistribusian makanan itu dijadwalkan pukul 10.00 sampai 12.00 waktu Arab Saudi untuk menu siang dan malam pukul 19.00 sampai 22.00 waktu Arab Saudi.

"Jadi jangan menunggu kedaluarsa. Layak konsumsi 2 jam usai distribusi," ujar Dewi.

Konsumsi makanan juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan pemerintah khususnya yang bernilai gizi dalam melayani JCH Indonesia selama di Madinah tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES