Gaya Hidup

Konsumsi Jahe Baik untuk Penderita Asma, Apa Manfaatnya?

Jumat, 12 Juli 2019 - 07:16 | 256.37k
Ramuan jahe.
Ramuan jahe.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jahe dianggap aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang signifikan jika dikonsumsi dalam kadar batas normal. Tidak hanya di Indonesia, konsumsi jahe juga sangat digemari hingga ke tingkat internasional karena efeknya yang begitu baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat jahe adalah dapat membantu mengatasi asma.

Orang dengan riwayat asma pasti kerap mengalami batuk, bersin dan sesak napas, terlebih ketika sedang mengalami serangan asma akut.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan mengenai manfaat jahe bagi penderita asma, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

1. Menurunkan reaksi alergi

Meskipun cara kerja jahe bagi kesehatan penderita asma masih belum diketahui dengan jelas, namun jahe dapat membantu menurunkan reaksi alergi dengan menurunkan kadar Imunoglobulin E (IgE) dalam tubuh penderita asma.

2. Menurunkan proses peradangan

Ketika seseorang mengalami serangan asma, sel-sel radang dalam tubuh akan bekerja untuk mendukung proses reaksi alergi yang terjadi. Rangkaian ini dipercaya dapat dihambat dengan kandungan anti radang dari jahe yang dikonsumsi.

3. Melepaskan antioksidan dalam tubuh

Selain berbagai manfaat di atas, kandungan antioksidan dalam jahe juga dipercaya dapat menurunkan risiko angka kekambuhan bagi penderita asma.

4. Merelaksasi otot pernapasan

Konsumsi jahe dapat melegakan otot pernapasan dengan relaksasi bronkus pada paru-paru. Hal yang sama juga disampaikan pada salah satu jurnal yang diterbitkan oleh American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology. Dikatakan bahwa jahe dapat membantu menurunkan reaksi peradangan atau inflamasi pada saluran pernapasan yang sering dijumpai pada penderita asma ketika serangan akut terjadi.

Meskipun manfaat jahe bagi penderita asma cukup banyak, tapi sebaiknya tetap lakukan terapi sesuai dengan petunjuk dokter. Bila Anda ingin mengonsumsi jahe untuk membantu mengatasi asma, jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES