Peristiwa - Daerah

Plt Bupati Malang Ajak Dewan Ngangsu Kaweruh ke RSUD dr Iskak Tulungagung

Plt Bupati Malang Ajak Dewan Ngangsu Kaweruh ke RSUD dr Iskak Tulungagung Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM saat diterima Plt. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM untuk ngangsu kaweruh ke RSUD dr. Iskak Tulunagung. (FOTO: Humas Pemkab Malang for TIMES Indonesia)
Jum'at, 12 Juli 2019 - 02:38

TIMESINDONESIA, MALANG – Janji Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM kepada legislatif untuk ngangsu kaweruh soal pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pembebasan biaya perawatan bagi pasien inap di rumah sakit ke RSUD dr. Iskak Tulungagung, Kamis (11/7/2019) siang diwujudkan.

Bersama wakil DPRD Kabupaten Malang, Direksi RSUD Kanjuruhan dan RSUD Lawang serta sejumlah Kepala OPD,  Sanusi mengunjungi Tulungagung dan diterima oleh Plt. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM.

Rombongan kemudian melakukan kunjungan ke RSUD dr. Iskak Tulungagung, rumah sakit ini rujukan masyarakat Jawa Timur wilayah barat daya. Rombongan ini diterima oleh Direktur RSUD. dr. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes. Mereka juga diberi paparan tentang rumah sakit ini.

RSUD dr. Iskak adalah rumah sakit yang meraih prestasi TOP 40 Pelayanan Publik tahun 2019. Rumah sakit ini memiliki pelayanan unggulan antara lain Instalasi Gawat Darurat Modern (Instagram) dengan catatan 75 persen pasien MRS lewat IGD. Instagram itu didukung pelayanan Pre Hospital (Tulungagung Emergency Medical Service) berdasarkan Permenkes 19 tahun 2016 dan Kolegium dokter Spesialis Emergency.

Selain itu juga ada peran serta organisasi vertikal dan horisontal yang kemudian melahirkan PSC (Public Safety Center) berdasarkan Program Nasional dengan 198 kabupaten/kota NCC 119. Juga ada Pelayanan Syndroma Koronaria Akut (SKA) dilengkapi Katerisasi Jantung Primer yang telah diverifikasi oleh PERKI yang iterapkan nasional dengan sarana pembelajaran kardio intervensi advance.

''Kunci sukses RSUD dr. Iskak ini diawali dari penataan sistem manajerial di manajemen rumah sakit. Artinya mulai dari perihal sistem keorganisasian, pembinaan kepegawaian demi upaya peningkatan SDM, maupun penanganan administrasi semacam jaminan pemberian jasa pelayanan," kata Maryoto.

Rumah sakit ini juga menerapkan strategi yang meliputi Survive, Efisiensi dan Efektifitas, Pengembangan, Inovatif dan Enterpreneaurship, dan Menjaga Keberlanjutan yang bervisi kuat, misi kuat dan low enforcement.

Selain itu juga menerapkan konsep Diamond Haad Drill dalam melayani masyarakat. Artinya, seluruh perangkat yang ada di RS harus saling mendukung, punya kepedulian tinggi atas tugasnya dan sinergi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Tak segan direktur rumah sakit memberhentikan dokter ketika di jam kerja kedapatan keluar rumah sakit," tegas Maryoto. Nah..

Karena keberhasilan RSUD dr. Iskak Tulungagung itulah yang membuat Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM memenuhi janjinya melaksanakan ngangsu kaweruh soal pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pembebasan biaya perawatan bagi pasien inap di rumah sakit. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration